Lihat ke Halaman Asli

Pentingnya Mendengarkan Suara Konsumen untuk Keberlangsungan Bisnis

Diperbarui: 21 Maret 2023   07:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Judul Buku: 1001 cara menggaet konsumen karya Bob Nelson

Pembahasan : semua hal yang perlu diketahui tentang konsumen, bagaimana cara perusahaan mampu menarik minat konsumen, menggaet mereka dan mempertahankan mereka

Berikan apa yang konsumen inginkan

Jika perusahaan ingin punya banyak konsumen yang setia, maka cari apa yang diinginkan mereka, apa yang dibutuhkan dan berusaha mmeberikannya.

Ada 3 hal yang yang harus diperhatikan dalam memberikan keinginan/kebutuhan pada konsumen:
-Dengarkan apa yang menjadi keinginan mereka
-Ciptakan produk dan jasa yang mereka inginkan
-Sesuaikan produk dan jasa tersebut dengan masing-masing konsumen.

Semua pebisnis di dunia pasti setuju bahwa konsumen/pelanggan adalah segalanya. Tanpa mereka, bisnis takkan terjadi. Menjaga konsumen dan menarik mereka adalah harus.

Nah, salah satu cara untuk menjaga atau membuat konsumen setia adalah dengan mendengarkan opini mereka.

Penting untuk mendengarkan aspirasi dan keinginan konsumen, yang mana nantinya informasi yang terkumpul akan dianggap sebagai informasi bernilai yang bisa digunakan untuk kemajuan perusahaan.

Alasan untuk apa mendengarkan konsumen :
-Meningkatkan kualitas produk/jasa dari perusahaan kita. Perusahaan yang berhasil adalah mereka yang dapat menciptakan produk yang sesuai kebutuhan dan memenuhi ekspektasi para konsumen. Dgn mendengarkan, kita akan tahu apa produk atau jasa yang kita tawarkan memang benar-benar sesuai dengan apa yang mereka butuhkan, dan bisa dijadikan dasar untuk mengembangkan produk.

- Untuk mengukur tingkat kepuasan konsumen, apa produk kita memenuhi atau melebihi harapan konsumen


- Bisa memberi pengalaman baik kepada konsumen. Yang menjadikan mereka setia. Pengalaman karena dilayani dengan baik, interaksi yang baik. Pengalaman konsumen dan pelayanan terbaik yang diberikan perusahaan bisa membuat konsumen setia

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline