PERMAINAN PIRING BERJEPIT UNTUK ANAK USIA DINI
Pendidikan anak usia dini merupakan pembinaan yang ditujukan untuk anak sejak usia lahir 0 -- 6 tahun yang dilakukan dengan pemberian rangsangan Pendidikan sebagai bentuk stimulasi bagi pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak siap dalam memasuki jenjang Pendidikan selanjutnya. Tujuan PAUD yaitu agar anak dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya.
Pada usia ini anak berada pada masa keemasan (golden age) dimana pada masa ini merupakan awal kehidupan terpenting bagi anak karena pada fase ini pertumbunhan dan perkembangan anak berkembang sangat pesat. Untuk itu pada masa ini sebaiknya sebagai orang tua bisa menstimulasi agar pertumbuhan dan perkembangan anak agar bisa berkembang secara optimal sesuai dengan tahap perkembangan anak. Stimulasi sangat diperlukan agar otak anak bisa berkembang optimal.
Kemampuan mengenal warna merupakan salah satu aspek dari kemampuan kognitif. Kemampuan mengenal warna pada anak usia dini merupakan hal yang sangat penting bagi perkembangan otaknya, sebab pengenalan warna pada anak usia dini dapat merangsang indera penglihatan otak.
Sedangkan menurut Triharso (2013:48), manfaat dari mengenal konsep bilangan pada anak usia dini adalah menuntun anak belajar berdasarkan konsep matematika yang benar, menghindari ketakutan matematika sejak awal, dan membantu anak belajar matematika secara alami melalui kegiatan bermain.
Untuk mengasah kemampuan kognitif anak dapat dilakukan melalui bermain sehingga anak dapat memiliki pengetahuan dan pengalaman baru dari kegiatan bermainnya. Selain itu kemampuan berpikir, kemampuan berkomunikasi, kemampuan berimajinasi anak juga dapat dilatih dengan metode bermain sambil belajar.
Menurut Prof. Dr. Lydia Freyani, selaku Dewan Guru Besar Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, kegiatan di PAUD dapat memberi rangsangan atau stimulasi pendidikan yang sesuai dengan tahap tumbuh kembang anak usia pra-sekolah. Seluruh aktivitasnya dilakukan melalui pendekatan bermain sambil belajar.
Perkembangan kognitif menurut Izzaty (2008 : 35), dibagi menjadi 4 tahap yaitu tahap 1 umur 0-2 tahun merupakan tahap sensorimotor. Tahap 2 umur 2-7 tahun merupakan tahap pra operasional. Tahap 3 umur 7-11 tahun merupakan tahap operasional konkrit. Tahap 4 yaitu umur 11 tahun keatas sudah remaja dan dewasa. Anak usia PAUD berada pada tahap praoperasional yaitu tahapan cara berpikir dengan menggunakan benda konkrit (nyata).
Media benda konkrit (nyata) sangat diperlukan untuk menstimulasi perkembangan anak usia PAUD karena anak akan lebih mudah mengerti dan memahami. Media piring berjepit merupakan media dari piring kertas yang sudah ditempeli angka kemudian dijepit menggunakan jepit jemuran sesuai angka yang ditempel di piring.
Manfaat bermain piring berjepit yaitu dapat mengembangkan kemampuan kognitf anak dalam membilang banyak benda, mengenal angka, memasangkan angka sesuai jumlah benda, bisa juga mengenal warna yang ada pada jepit jemuran dan kartu angka.