Lihat ke Halaman Asli

Pentingnya Penyediaan APE untuk Anak Usia Dini

Diperbarui: 13 September 2021   09:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Dunia anak merupakan dunia bermain. Dengan bermain itu anak dapat memperoleh pelajaran yang mengandung aspek perkembangan kognitif, seni, sosial emosional dan perkembangan fisik. bagi anak-anak bermain merupakan suatu sarana untuk menggali pengalaman belajar yang sangat bermanfaat. Bermain juga berperan sebagai sarana untuk mengembangkan kreativitas dan daya cipta anak, karena bermain adalah sarana untuk menemukan pengalaman baru yang sebelumnya belum pernah di dapatkan. 

Untuk di era modern seperti sekarang ini, sebagian besar anak-anak menggunakan gadget sebagai alat permainannya, oleh sebab itu sangat penting bagi orang tua untuk memperhatikan anak dengan cara menyediakan alat permainan edukatif berbentuk fisik bagi anak. Boleh saja bermin gadget namun harus diberi aturan. perbanyak waktu anak untuk bermain di lar bersama teman temannya, beraktivitas di lingkungan terbuka, jikalau di rumah orang tua harus bisa menyiapkan beberapa mainan, bahkan ikut dalam kegiatan bermain anak. Misalnya mainan masak-masakan, alat musik, buku dan lain sebagainya.

Anak usia Dini masih memerlukan peran orang dewasa yaitu seerti orang tua ataupun guru untuk membantu mencapai tugas perkembangannya, salah satu cara yang dapat dilakukan oleh orang tua untuk dapat merangsang perkembangan anak adalah melalui penggunaan Alat Permainan Edukatif.

Apasih yang di maksud dengan Alat permainan Edukatif???

Mari kita simak penjelasan di bawah ini yaaa

Menurut Tedjasaputra Alat Permainan Edukatif ialah alat-alat permainan yang dirancang dan dibuat untuk menjadi sumber belajar dan pendidikan untuk anak usia dini agar mendapatkan pengalaman baru dalam kegiatan belajar. 

Pengalaman ini akan berguna untuk meningkatkan aspek-aspek perkembangan anak yang meliputi aspek fisik motorik, emosi, sosial, kognitif, bahasa dan moral. Alat Permainan Edukatif dapat mengoptimalkan perkembangan anak dengan cara menyesuaikan usia dan tingkat perkembangannya.

Apakah ada perbedaan antara alat permainan dan alat permainan edukatif???

Mari kita simak penjelasannya di bawah ini yaa

Alat permainan ialah semua alat bermain yang digunakan oleh anak untuk memenuhi naluri bermainnya dan memiliki berbagai macam sifat seperti bongkar pasang, mengelompokkan, merangkai, menggunting, membentuk, memadukan, mengetok, menyoblos dan menyusun puzle sesuai bentuk gambarnya. sedangkan Alat permainan edukatif ialah alat permainan yang bisa merangsang aktifitas bermain dan dapat menstimulasi serta mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak.

Alat Permainan Edukatif ini memang sengaja di rancang untuk pendidikan serta permainan yang bertujuan untuk mengoptimalkan perkembangan anak sesuai dengan tahapannya. Alat permainan Edukatif memang di era sekarang banyak di temukan di toko-toko alat permainan, namun tidak menutup kemungkinan alat permainan edukatif ini dibuat sendiri dengan bahan yang ada disekitar, namun juga harus memperhatikan unsur-unsur berbagai aspek pekembangan untuk anak usia dini.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline