Lihat ke Halaman Asli

Desta Dwipuspa

Mahasiwa Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA

Apa itu Bahasa Pemrogaman C++? Bagaimana Sih Sejarah dari C++?

Diperbarui: 25 Januari 2021   22:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Sebelum masuk dalam pembahasan banyak orang yang tidak megetahui apa itu Bahasa pemrogaman C++ dan begitu pula dengan sejarah dari C++ itu sendiri. Untuk mengetahui lebih lanjut kita akan membahas dari judul topik diatas. Berikut merupakan penjelasan dari C++ dan sejarahnya :

Sejarah Bahasa Pemrogaman C++

  Sebelum memasuki inti dari topik ini alangkah lebih baiknya kita membahas sejarah dari Bahasa Pemrogaman ini. Karena di setiap bahasa pemrogaman memiliki sejarah yang berbeda-beda di setiap bahasa pemrogaman itu sendiri.  Dan juga orang yang menciptakan di setiap bahasa pemrogaman pun sangat hebat karena mereka mampu menciptakan bahasa yang sulit sehingga orang- orang pun sangat sulit untuk memahaminya. Nah, tidak ingin membuang waktu banyak, mari kita bahas sejarah dari bahasa pemrogaman C++.  Bahasa pemrogaman C++ itu sendiri  adalah bahasa komputer  yang diciptakan oleh Bjarne Stroustup di sebuah laboratorium AT&T Bell yang ditemukan pada tahun 1980.

Pertamakalinya pada tahun 1983 -- 1984 bahasa pemrogaman ini disebut dengan "C with class" atau bisa disebut juga dengan C yang difasilitaskan oleh kelas.

Pada tahun yang sama yakni tahun 1983 dirubah dengan nama baru yaitu C++ huruf Cdiambil dari bahasa pemrogaman C sedangkan simbol ++ merupakan tingkat penaikan pada operator C, dikarenakan berubah nama tentunya bahasa pemrogaman ini memiliki banyak fitir-fitur yang baru serta canggih seperti fungsi overloading, fungsi virtual, referensi dengan simbol"&" dan lain sebagainya.

Apa itu Bahasa Pemrogaman C++  ?

Setelah melihat sejarah C++ pada bacaan diatas alangkah lebih baiknya kita akan mengenal lebih dalam lagi apa itu C++ itu sendiri. Agar pembaca juga lebih mengetahui dan mengenal C++. Nah, langsung saja kita bahas C++ adalah bahasa pemrogaman hasil pengembangan dari  bahasa C. Sintak penulisan C dan C++ hampir mirip, namun berbeda dalam langkah penyelesaian masalah Nya.

Dan pada bahasa C itu sendiri memiliki penyelesaian masalah yang dilakukan dengan cara membagi ke dalam sub masalah yang lebih kecil. Cara ini merupakan cara yang sering kita dengar yaitu bahasa pemrogaman prosedural.

Sementara, C++  ini lebih mengarah pada berorientasi pada suatu objek. Permasalahan nya pun dibagi-bagi ke dalam beberapa class. Maka dari itu bahasa pemrogaman C++ hasil pengembangan oleh Bjarne Stroustup ini sangat populer dibeberapa kalangan perusahaan software besar.

Seperti yang anda ketahui pada bahasa pemrogaman ini ,  yang sering kita dengar  dengan istilah bahasa komputer, yang merupakan sebuah instruksi standar untuk memerintahkan suatu  komputer. Pada bahasa pemrogamanpun dapat digunakan  untuk membangun suatu aplikasi yang disesuaikan dengan keperluan yang dapat dimanfaatkan oleh berbagai macam  bidang nantinya. Dan juga sampai saat ini terdapat banyak jenis bahasa pemrogaman. Diantaranya adalah bahasa pemrogaman C++ .

Bahasa C++ itu sendiri memiliki berbagai macam fitur yang  tidak mudah untuk dipelajari dan dimengerti oleh sebagian orang. Untuk itu perlu adanya alternatif untuk pembelajaran mandiri. Salah satunya, materi yang harus dipahami lagi dalam bahasa pemrogaman C++ ini adalah susunan program, materi dasar pemrogaman bahasa C++, aritmatika, percabangan, perulangan, dan masih lain sebagainya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline