Lihat ke Halaman Asli

Dessy Setyasih

mahasiswa universitas Pamulang fakultas sastra

Pentingnya Edukasi Seksual pada Anak Usia Dini

Diperbarui: 23 Juni 2024   14:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Pendidikan seksual merupakan salah satu bentuk tanggung jawab orang tua terhadap anaknya supaya anak terhindar dari kerusakan fisik dan mental dimasa depan. Anak-anak yang tidak mendapatkan pendidikan seksual sejak dini bisa saja menjadi korban grooming atau korban pelecehan. Itulah mengapa pendidikan seksual sangatlah penting untuk anak.

Dilansir dari detikHealth, Psikolog Anak dan Remaja, Irma Gustiana A. juga sependapat dengan Retno. Menurut Irma, pendidikan seks harus diberikan pada anak mulai dari usia balita, remaja, dan seterusnya. Pemahaman ini juga harus diberikan berkali-kali hingga anak benar-benar menghayati.Anak juga harus dilatih untuk berani bersuara. Diimbangi dengan edukasi seks yang benar, anak akan berani membela dirinya saat ia merasa tak nyaman. Selain itu, dengan kemampuan ini, anak akan lebih leluasa bercerita pada orang tuanya jika ada yang ingin ia sampaikan.

Tujuan pendidikan seksual untuk membekali dan menyadarkan anak pentingnya menjaga kesehatan, kesejahteraan dan martabat mereka dengan cara penanaman perlindungan diri dalam mengembangkan hubungan sosial dan seksual yang baik.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline