Lihat ke Halaman Asli

Pengaruh Penggunaan Media Sosial terhadap Kemampuan Menulis

Diperbarui: 24 Juni 2021   10:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Dalam kegiatan pembelajaran, media adalah segala sesuatu yang digunakan oleh guru untuk menyampaikan materi pelajaran kepada murid, sehingga murid tertarik minat dan perhatiannya serta terangsang pikiran dan perasaannya pada kegiatan belajar dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran (Shinta, Chamalah, & Arsanti, 2018).

Sosial adalah sesuatu yang dicapai oleh seseorang, yang dihasilkan dan ditetapkan dalam kehidupan sehari-hari antara individu dengan individu yang lain atau kelompok.

Media sosial (sering disalahtuliskan sebagai sosial media) adalah sebuah media daring yang digunakan satu sama lain yang para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berinteraksi, berbagi, dan menciptakan isi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Blog, jejaring sosial, dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendefinisikan media sosial sebagai "sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang dibangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0 dan memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated content.

Menulis merupakan kegiatan yang dilakukan seseorang untuk menghasilkan sebuah tulisan. Sebuah tulisan yang baik memiliki ciri diantaranya, bermakna, jelas, merupakan satu kesatuan, singkat dan padat, serta memenuhi kaidah kebahasaan. Bahasa merupakan alat komunikasi yang paling penting. Dengan bahasa kita dapat menyampaikan perasaan gagasan bahkan dengan bahasa pula kita dapat berpikir dan bernalar. Dari keempat keterampilan berbahasa menulis merupakan kegiatan komunikasi yang bersifat tidak langsung karena penulis tidak berhadapan langsung dengan pembaca. Keterampilan menulis merupakan keterampilan berbahasa yang paling kompleks karena pada waktu menulis kita harus mampu mengingat dan menerapkan berbagai unsur menulis secara serta merta.

Dengan demikian, dalam artikel ini akan menjelaskan atau menggambarkan tentang pengaruh media sosial terhadap kemampuan menulis. Artikel ini akan menjelaskan dan memahami mengenai pengaruh-pengaruh media sosial secara umum dengan mengaitkan pengaruh-pengaruh tersebut terhadap kemampuan menulis. Sumber data yang dipelajari berupa artikel-artikel berita penyediaan fakta tentang penggunaan media sosial dan beberapa referensi dari internet.

A.Pengaruh positif dan negatif media sosial secara umum

Berbicara sosial media sekarang ini memang sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat, hampir tiap individu menggunakan media sosial dari yang muda hingga yang tua baik untuk berbisnis maupun hanya sebatas terhubung dengan teman. Dengan adanya media sosial memang sangatlah membantu dalam berhubungan dengan orang lain baik teman maupun saudara. Namun di dalam kemudahan itu juga terdapat pengaruh positif serta negatif nya pengaruh positif misalnya

Pengaruh positif

1.Sebagai tempat promosi dengan banyaknya orang yang menggunakan jaringan sosial membuka kesempatan kita untuk mempromosikan produk atau jasa yang kita tawarkan

2.Ajang memperbanyak teman aparat menambah teman baru maupun relasi bisnis dengan mudah

3.Sebagai media komunikasi mempermudah komunikasi dengan orang-orang baik di dalam negeri maupun di luar negeri

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline