Lihat ke Halaman Asli

Dampak Begadang bagi Kesehatan Tubuh

Diperbarui: 2 Mei 2017   16:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Kebanyakan orang menganggap begadang adalah hal yang sepele.Kebiasaan begadang malam akan cepat dan lambat untuk mempengaruhi kesehatan tubuh kita semuanya.Sebagian besar orang memiliki kebiasaan begadang,bukan hanya kebiasaan tapi sebagian besar orang merupakan kewajiban.Padahal tubuh bekerja terus menerus ketika tidak di istirahatkan,maka dari tubuh membutuhkan waktu istirahat agar beban yang harus di lakukan oleh tubuh menjadi lebih ringan.Tidur merupakan salah satu hal yang harus direkomendasikan agar tubuh dapat memperbaiki berbagai sel rusak dan dapat beristirahat sementara waktu.Apabila tubuh kurang istirahat karena sering begadang maka akan berdampak kurang baik bagi kesehatan bahkan dapat berbahaya.

Beberapa dampak kesehatan akibat terlalu sering begadang dapat memicu berbagai penyakit dan kesehatan lainnya,yaitu:

1. Obesitas

Salah satu dampak kesehatan dari tidur yang kurang dari enam jam adalah terganggunya metanolisme tubuh.Bisa berakibat pada tubuh yang akan lebih cepat dalam menyimpan lemak sehingga membuat orang menjadi cepat gemuk.

2. Penyakit jantung

Tidak hanya kesehatan biasa,kebiasaan tidur larut malam juga membuat seseorang menjadi lebih rentan terkena penyakit jantung.

3. Penyakit Diabetes

Hormon dalam tubuh akan terganggu keseimbangannya akibat tidur larut malam.Apabila hal ini menjadi kebiasaan maka di khawatirkan seseorang yang tidur larut malam akan lebih rentan terkena penyakit diabetes.

4. Sakit kepala

Sakit kepala biasanya diderita oleh orang orang yang bangun tidur terlalu siang karena malamnya hanya tidur sebentar.Hal ini adalah dampak kurang tidur akibat begadang.Lambat laun bagian sel-sel otak akan mengalami beberapa masalah akibat tubuh tidak beristirahat dengan cukup.

Diatas merupakan Akibat Terlalu Sering Begadang bagi kesehatan tubuh,maka dari itu pola hidup sehat harus benar-benar diterapkan.Apabila bisa di lakukan sebaiknya begadang harus benar-benar dihindari.Banyak orang yang tidak mengetahui dampak negaris dari akibat sering begadang malam.Kebisaan begadang dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan tubuh,selain itu juga dapat mengacaukan pikiran sehingga kurang konsentrasi dan juga kurang fokus.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline