Dalam buku "Guidelines for Teaching Mathematics", Jhonson dan Rising mengatakan bahwa Matematika adalah pola berpikir, pola mengorganisasikan, pembuktian yang logis, dan matematika itu adalah bahasa yang menggunakan istilah yang didefinisikan dengan cermat, jelas dan akurat, representasinya dengan simbol dan padat, lebih berupa simbol mengenai ide daripada bunyi. Ini berarti, bahwa untuk mempelajari ilmu matematika diperlukan kemampuan berpikir yang tinggi. Kemampuan berpikir tinggi ini dapat kita sebut juga dengan Higher Order Thinking Skills (HOTS).
Metode HOTS diterapkan pada pembelajaran matematika bertujuan untuk melatih peserta didik agar berpikir kritis, sistematis, logis, analitis, dan kreatif serta memiliki kemampuan kerja yang efektif (Badjeber, dkk., 2018). Dengan ini, penting bagi siswa untuk mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) matematis mereka, agar mereka tidak mengalami kesulitan dalam mengikuti pembelajaran matematika.
Protheroe (2007), mengungkapkan terdapat enam hal yang dapat dilakukan dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa, antara lain:
1. Keaktifan siswa
Keaktifan siswa merupakan langkah awal dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS). Sebagaimana di ungkapkan dalam teori konstruktivisme, bahwa pengetahuan harus dibangun sendiri oleh siswa, bukan diberikan secara langsung oleh guru.
2. Menyelesaikan masalah matematika yang menantang
Dalam menyelesaikan masalah matematika yang menantang, dibutuhkan kemampuan yang sejalan dengan karakteristik dari berpikir tingkat tinggi. Misalnya: menganalisis, mengevaluasi, dan berkreasi.
3. Membuat koneksi dengan berbagai disiplin ilmu
Cara lainnya dalam meningkatkan kemampuan HOTS ini yaitu dengan mengkaitkan konsep konsep matematika dengan ilmu lainnya. Misal: Fisika, Ekonomi, Kimia, dsb. Dengan ini siswa akan berpikir kritis tentang bagaimana keterkaitan matematika dengan ilmu lainnya.
4. Berbagi ide-ide matematika
Berbagi ide-ide matematika atau diskusi juga menjadi salah satu cara yang dapat meningkatkan kemampuan tingkat tinggi siswa. Hal ini dikarenakan dengan diskusi siswa akan meningkatkan kemampuannya analisisnya.
5. Menggunakan berbagai cara untuk mengungkapkan ide-ide matematika
Untuk mampu merepresentasikan ide dalam berbagai bentuk, maka dibutuhkan pemahaman mendalam dan keterampilan dalam mengkoneksikan konsep yang satu dengan lainnya.
6. Menggunakan Alat-alat Manipulatif
Alat manpulatif dapat membantu siswa dalam mengidentifikasi suatu masalah, sehingga siswa akan lebih mudah dalam menyelesaikan permasalahan matematika.
Itu dia keenam cara yang dapat dilakukan untuk mengingkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) matematis pada siswa. Semoga bermanfaat ya!