Pamijen, 02 Agustus 2024 -- Pada observasi hari pertama di Desa Pamijen, Mahasiswa KKN UIN SAIZU menemui salah satu pelaku UMKM Catering dan menanyakan terkait perkembangan dan kemajuan usahanya tersebut. "disini sih kebanyakan usaha catering dan makanan mba, Cuma dijualin ke sekitar rumah saja belum jauh, paling pada pesen lewat whatsapp" ujarnya. Mendengar penjelasan seperti itu, Mahasiswa KKN UIN SAIZU melihat bahwa Masyarakat Desa Pamijen sudah mempunyai dan mengenal platform digital marketing, akan tetapi mereka masih kurang memahami secara luas bagaimana cara menggunakan digital marketing dengan lebih maju lagi. Dengan adanya permasalahan tersebut akhirnya Mahasiswa KKN UIN SAIZU mengusulkan untuk mengadkan Workshop UMKM Digital Marketing, guna untuk membantu meningkatkan penjualan para pelaku UMKM di Desa Pamijen.
Workshop yang diadakan oleh Mahasiswa KKN UIN SAIZU ini dihadiri oleh kurang lebih 20 peserta UMKM dari berbagai sektor, mulai dari catering, jajanan pasar, snack dan lain sebagainya. Workshop UMKM Digital Marketing ini diadakan di Balai Desa Pamijen pada tanggal 20 Juli 2024. Workshop UMKM Digital Marketing ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan dalam menggunakan platform digital untuk memasarkan produk.
Izaaz muafi selaku ketua kelompok KKN UIN SAIZU dalam sambutannya mengatakan bahwa era digital ini menawarkan banyak peluang bagi para pelaku usaha untuk bisa terus berkembang, "dengan memanfaatkan teknologi digital seperti whatsapp, facebook, Instagram, tiktok, UMKM dapat menjangkau pasar lebih luas lagi, dan dengan cara yang gampang hanya lewat handphone saja". Ujarnya.
Workshop UMKM Digital Marketing ini dibawakan oleh Ibu Khurotul Aeni M.kom. dengan mencakup beberapa materi penting penting seperti pengenalan digital marketing, strategi marketing, manfaat penerapan digital marketing untuk UMKM, strategi penjualan di media sosial dan platform media sosial untuk pemasaran. Menurut Bu Aeni, salah satu strategi yang dapat dilakukan untuk mengenalkan produk secara luas harus memiliki ciri khas yang mudah diingat dan menarik bagi konsumen. Secara keseluruhan, dengan memanfaatkan pemasaraan digital secara efektif, UMKM dapat meningkatkan daya saing mereka, mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan.
Dengan adanya Workshop UMKM Digital Marketing ini, diharapkan pelaku UMKM Desa Pamijen bisa lebih maju dalam mengikuti perkembangan zaman. Selain itu juga para peserta dapat mengimplementasikan ilmu yang telah diperoleh. Akhir dari Workshop UMKM Digital Marketing ini ditutup dengan pemberian sertifikat kepada pemateri dan foto Bersama.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H