Lihat ke Halaman Asli

Desi Safitri

Staf Kemenag

Hasil Mini Riset Desi Safitri Mahasiswa Pasca Sarjana UIN SGD Bandung di MA Misbahunnur

Diperbarui: 3 Mei 2024   12:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Air merupakan hajat hidup orang banyak. Potensi ini menjadi titik fokus Pondok Pesantren  Misbahunnur Kota Cimahi untuk memproduksi Air Minum yang diberi label Miwa. Selain difungsikan sebagai penunjang kesehatan dan kemakmuran masyarakat pesantren Air Minum Miwa juga menjadi salah satu sektor usaha ekonomi pesantren.

Merujuk pada pemenuhan tugas Mata Kuliah Entreupreneurship sebagai Mahasiswa Master Pendidikan Islam di UIN SGD BDG Desi Safitri melakukan Mini Riset pada Pemasaran Air Minum Miwa di Pondok Pesantren Misbahunnur Kota Cimahi.
.
Riset difokuskan pada strategi, target juga cara menghadapi persaingan sekitar  Pemasaran Air Minum Miwa. Berdasarkan hasil penelitian dilapangan melalui metode interview /wawancara, Observasi langsung dan dokumen data pendukung bahwa Pondok Pesantren Misbahunnur menjual produk secara langsung untuk mempertahankan bisnisnya secara efektif.
.
"  Keungulan Air Minum Miwa adalah diproduksi secara langsung dari sumber mata air yang jernih. Produk ini dilounching sejak tahun 2023 dan dipasarkan melalui online (Media Sosial) dan offline dengan cara menggelar Bazzar atau informasi dari mulut ke mulut. Target dari pemasaran Air Minum Miwa mencakup lingkungan Pondok Pesantren diantaranya para Santri dan Orang Tua siswa juga masyarakat sekitar Pondok Pesantren. Mengingat Air Minum Miwa merupakan produk baru tantangannya adalah belum dikenal oleh jangkauan luas ". Papar Pimpinan Ponpes saat wawancara.

Dok. pribadi




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline