Lihat ke Halaman Asli

Desi safitri

Mahasiswi Fakultas Kesehatan Masyarakat UIN Sumatera Utara.

Menurunkan Obesitas Selama Bulan Ramadhan dengan Gizi Seimbang

Diperbarui: 16 April 2022   12:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: PEXELS

Obesitas ialah keadaan dimana berlebihnya lemak didalam tubuh, terjadi karena kalori yang masuk kedalam tubuh sangat banyak dibandingkan kalori yang dibakar didalam tubuh. Berdasarkan data pada tahun 2020, ada sekitar 39 juta anak usia dibawah 5 tahun menderita obesitas. Begitu juga pada tahun 2018 data Riset Kesehatan Dasar Indonesia menunjukkan bahwa 22% atau sekitar 625.000 penduduk di Indonesia menderita obesitas.

 Jadi, pada dasarnya obesitas ini bukan hanya sekedar berat badan yang berlebih (overweight). Tetapi, obesitas juga dapat di tandai dengan nilai Indeks Masa Tubuh (IMT) yang berlebih, mudah dan banyak berkeringat, terjadi penumpukkan lemak di beberapa area tubuh, mudah lelah serta nyeri sendi.

Nah, gimana sih cara kita menyeimbangkan asupan gizi selama bulan Ramadhan ini, supaya dapat menghasilkan khasiat yg sangat bermanfaat bagi kita penderita obesitas.

 Selama menjalankan ibadah puasa memang dapat menurunkan berat badan, akan tetapi kita harus terlebih dahulu menyusun menu makanan yg tepat selama bulan Ramadhan. Karena jika tidak tepat dalam pemilihan menu makanan, justru malah dapat membuat berat badan kita naik.

Jadi saya akan memberikan beberapa tips, memilih menu makanan yang tepat dan tetap memenuhi gizi seimbang selama bulan Ramadhan.

1.Tetap sahur

Mungkin beberapa dari kita berpikir bahwa melewatkan sahur dapat dengan cepat menurunkan berat badan. Faktanya hal ini tidak di anjurkan. Mengapa? Dikarenakan sahur adalah bagian terpenting dari puasa, bagaimana bisa kita melewatkan sahur dengan keadaan perut kosong selama sehari untuk menjalankan puasa. Karena hal ini berdampak buruk sehingga asupan makanan tidak dapat terkendali.

2.Memilih makanan yang bergizi

Baik sahur maupun berbuka kita harus bisa memilih makanan yang baik untuk tubuh. Walaupun kalori dikurangi, pastikan asupan nutrisi didalam tubuh tetap terpenuhi. Seperti, karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Pilihlah makanan yang rendah kalori namun kaya nutrisi seperti,

*Biji-bijian, seperti roti gandum, beras, dan oatmeal.

*Buah dan sayur segar

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline