Lihat ke Halaman Asli

Desy Hani

TERVERIFIKASI

Happy reading

Fenomena "Promo, Discount, dan Cashback", Daya Tarik Menjadi "Shopaholic"?

Diperbarui: 22 September 2023   11:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi shopaholic | sumber: unsplash.com

Promo, discount dan cashback, tiga kata yang memikat hati para pembeli untuk melakukan transaksi "checkout" dan berakhir pada pintu "payment". Benarkah daya tarik tersebut apabila tidak bisa dikendalikan, mampu menyeret para pecinta belanja masuk ke dalam jalur "shopaholic"? Adakah solusi yang bisa dilakukan untuk mengantisipasinya?

Fenomena berbelanja secara daring, bukanlah hal yang tabu lagi dilakukan oleh para penduduk bumi, terlebih lagi di era digitalisasi seperti sekarang ini. 

Aktivitas ini sejatinya sudah sangat lumrah bila dilakukan. Berbagai macam marketplace hadir, seperti halnya Shopee, Tokopedia, Lazada, Blibli, Bukalapak dan tentunya masih banyak lagi. 

Kehadiran marketplace sebagai wadah yang menjembatani terjadinya pertemuan penjual dan pembeli secara virtual, untuk melakukan transaksi jual-beli secara online

Produk yang diperjualbelikan di setiap marketplace pastinya sangat beragam. Mulai dari produk kecantikan, fashion, elektronik, bahkan sampai perlengkapan rumah tangga, juga ikut serta meramaikan marketplace

Ilustrasi beragam marketplace | sumber: sasanadigital.com

Kemudahan berbelanja secara daring, tentunya memiliki berbagai macam keuntungan bagi para konsumen. 

Mulai dari kemudahan transaksi yang tidak harus dilakukan secara langsung. Dengan hanya bermodalkan gawai, aplikasi/website suatu marketplace, dan wifi/kuota, transaksi pembelian akan terjadi. Jangan lupa, siapin uangnya juga ya, eh. 

Sehingga pembeli bisa lebih menghemat waktu, tanpa harus datang ke lokasi tujuan, karena bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. 

Selain itu, pembeli juga bisa menekan pengeluaran tambahan di luar pembelian, terkait biaya transport, misalnya. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline