Fact (Peristiwa)
Pada saat mempelajari modul 1.2 yang paling menantang adalah nilai tentang peran dan nilai di mana kita belajar tentang trafesium usia dengan menonton video gunung es dan dan eksalator (cara kerja otak ).
Filosofi gunung es Jika di ibaratkan dengan anak bagian atas itu disebut keterampilan , pendidikan, pengetahuan sedangkan bagian bawah adalah sikap atau karakter. Sifat anak bisa di lihat dari Bahasa tubuh namun ada yang lebih penting yaitu perilaku kita dalam menjalani kehidupan. Ada bagian yang tidak terlihat yaitu pembentukan ahlak/karakter karena proses pembentukan di dalam keluarga sangat berpengaruh maka kita harus dapat melakukan investasi pembentukan positif di dalam diri anak tersebut
Kita sebagai guru banyak berperan dalam pembentukan karakter anak Pendidikan Ki Hadjar Dewantara, saya tertarik dengan definisi Pendidikan menurut Ki Hadjar Dewantara, yaitu : Pendidikan adalah menuntun segala kodrat yang ada pada anak-anak, agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun setiap anak membawa karakter masing-masing , sebagai guru
adalah menunjukan, membingbing mereka agar muncul sifat-sifat baiknya sehingga dapat terkikis sifat-sifat buruknya .
Guru adalah tukang kebun, yang merawat tumbuhnya nilai-nilai kebaikan di dalam diri murid-muridnya. Guru memiliki kesempatan untuk mengembangkanlingkungan di mana murid berproses menumbuhkan nilai-nilai dirinya tersebut.
Dengan demikian, guru patut mengembangkan lingkungan yang sifatnya fisik(ekstrinsik) dan yang sifatnya psikis (intrinsik).
Filosofi ini sangat terkait dengan kegiatan saya sebagai guru PAI yang harus bisa memandang setiap anak mempunyai kodrat alam kodrat zaman yang berbeda sehingga menimbulkan karakter , sifat, sikap dan motivasi yang berbeda berdasarkan lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat di mana anak berada. Sehingga saya harus observasi dan memilah informasi kondisi murid tersebut sehingga akan membedakan perlakuan yang harus diberikan, guru menuntun dari memberikan arahan, bimbingan, melakukan hal-hal yang baik dengan harapan menjadi kebiasaaan membentuk karakter Profil Pelajar Pancasilan
Feelings (Perasaan)
Ketika mempelajari modul ini benar-benar saya mendapatkan sesuatu yang luar biasa. Bagaimana manusia tergerak , bergerak dan menggerakan atau escalator dan kerja otak .ada dua system cara kerja manusia yaitu cara berpikir cepat dan lambat . dapat mempengaruhi cara bersikap dan dalam mengambil keputusan bertindak. memotivasi diri dengan belajar cara kerja otak yaitu ada batang otak yang mengelola semua otomasi dan refleksi di tubuh demi kelangsungan hidup sehingga mampu mengkonversi energy yang di gunakan otak , system limbik (emosi) terlukanya perasaan jauh lebih sakit dan lama ketimbang luka fisik , dan otak berpikir yaitu berpikir strategis , kreatif dan metakognitif
Disini saya belajar bagaiamana cara mengendalikan emosi pada saat menangani anak yang memerlukan perlakuan khusus, bagaimana menegur tanpa melukai perasaan anak dan memberikan motivasi agar anak itu tergerak bergerak dan menggerakan untuk mau merubah menjadi hal yang positif