Lihat ke Halaman Asli

Tamanrejo

mahasiswa

Sosialisasi Perundungan, Stop Bullying Sejak Dini di Lingkungan Sekolah

Diperbarui: 25 Januari 2023   21:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Sebagai upaya mencegah tindakan bullying di lingkungan sekolah, mahasiswa KKN UPGRIS Kelompok 109 melaksanakan sosialisasi bullying kepada siswa-siswi SDN 01 Tamanrejo dan SDN 02 Tamanrejo. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada kamis, 25 Januari 2023, pada pukul 09.30-11.00 WIB. Sosialisasi bullying ini disampaikan langsung oleh mahasiswa KKN UPGRIS kelompok 109 yang diikuti oleh siswa-siswi kelas 4, 5, dan 6.

Perundungan atau bullying merupakan suatu bentuk kekerasan yang dilakukan secara sengaja oleh salah satu atau sekelompok yang dianggap lebih kuat atau berkuasa terhadap orang lain, dengan tujuan untuk menyakiti dan dilakukan secara terus menurus. Tindakan bullying memiliki dampak negatif terhadap korban, adapun dampaknya yaitu depresi, menurunnya minat belajar, sulit tidur nyenyak, ingin menyakiti diri sendiri atau bahkan dampak yang lebih buruknya adalah keinginan untuk bunuh diri. Tidak hanya itu saja korban bullying juga kesulitan dalam menjalin hubungan baik terhadap sesama ataupun lawan jenis karena selalu memiliki kecemasan akan mendapatkan perlakuan yang tidak menyenangkan dari teman-teman sebayanya.

Tindakan bullying tidak hanya berupa kekerasan secara fisik kepada korban, seperti Memukul, menampar atau menendang. Bulliying juga dapat berupa tindakan tanpa melakukan kekerasan fisik atau secara verbal seperti mengejek, memanggil seseorang dengan sebutan yang tidak wajar bahkan cenderung tidak sopan.

Melalui kegiatan ini siswa dan siswi diharapkan memahami bahaya bullying beserta dampaknya. Tidak hanya siswa dan siswi namun semua warga sekolah turut berpartisipasi dalam menciptakan sekolah yang aman dan nyaman serta bebas bullying. Agar generasi muda Indonesia kedepan menjadi generasi yang unggul, berprestasi, dan bebas tindakan bullying.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline