Lihat ke Halaman Asli

Siwatu

Editor

Lahan Hijau Semakin Berkurang! Mahasiswa KKN UNDIP Bergerak Merawat Kembali Taman yang Terbengkalai

Diperbarui: 12 Februari 2023   08:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

11th February 2023 KKN UNDIP #KKN Tim 1 Periode 2023 #KKNBatang #DesaSiwatu,lppm undip,p2kknundip

Kabupaten Batang (24/01/2021) Mahasiswa KKN Tim 1 UNDIP bersama ibu -- ibu PKK dan Kepala Desa melaksanakan penghidupan kembali taman yang telah terbengkalai diwilayah Desa Siwatu, Kecamatan Wonotunggal, Kabupaten Batang. Program ini berupa aktivitas pembersihan taman dari tumbuhan liar dan penanaman bibit tanaman hias kembali serta renovasi berbagai properti taman

Lahan hijau berdasarkan peraturan atau nomenklatur yang ada, melalui Permen ATR/BPN Nomor 14 Tahun 2022 tentang Ruang Terbuka Hijau bahwasanya merupakan salah satu upaya dalam menciptakan ruang terbuka hijau sebesar 30% dari luas wilayah.

Tujuan diadakan program penghidupan ulang taman oleh Tim KKK UNDIP tentunya mempertimbangkan beberapa aspek, dimana taman tersebut dapat berfungsi sebagai resapan air, ekonomi, sosial budaya, dan estetika. Adapun fungsi resapan air karena pada jalan sekitar taman tersebut tidak adanya drainase; dari segi ekonomi dapat dijadikan penyedia ruang untuk pertanian dengan menanam taman holtikultura yang bernilai ekonomis; dari segi sosial budaya dapat dijadikan sarana interaksi masyarakat seperti kegiatan rekreasi, pendidikan ataupun kesehatan, dan dintinjau dari segi estetika menjadikan suasana asri serta keindahan lingkungan.

Dok. pribadi

Program ini dilaksanakan pada hari Jumat, 3 Februari 2023, awal mula melakukan aktivitas yaitu pembersihan taman yang diikuti oleh mahasiswa KKN Tim 1 UNDIP, Karang Taruna, Ibu-Ibu PKK, dan Kepala Desa Siwatu. Kemudian pada hari Minggu, 5 Februari 2023 melaksanakan aktivitas penanaman bibit cabai, terong, dan berbagai taman hias lainnya serta merenovasi kembali properti taman yang telah usang.

Dok. pribadi

Dengan adanya program multidisiplin penghidupan kembali taman oleh KKN Tim 1 UNDIP harapannya semoga para masyarakat dapat menjaga dan merawat lingkungan sekitar Desa Siwatu bahwasanya lahan hijau sangat penting khususnya daerah pemukiman yang terdapat banyak penduduk.

Oleh : Mahasiswa KKN UNDIP Desa Siwatu

Dosen Pembimbing Lapangan : Dra. Puji Astuti, M.Si. , Dr. Aminah, SH. M.Si. , Khotibul Umam, S.S., M.Hum.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline