Lihat ke Halaman Asli

Siwatu

Editor

Mahasiswa KKN TIM I UNDIP 2022/2023!! Desa Siwatu Melakukan Pelatihan Pemasaran Olahan Buah Naga

Diperbarui: 11 Februari 2023   00:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Desa Siwatu, Batang (9/2/2023) -  Mahasiswa KKN TIM I UNIVERSITAS DIPONEGORO yang diterjunkan di Desa Siwatu melakukan Pelatihan Pengolahan dan Pemasaran Olahan Buah Naga.

Desa Siwatu merupakan suatu desa yang terletak di Kecamatan Wonotunggal yang memiliki banyak potensi salah satunya pembibitan buah naga yang terletak di Dusun Siwungu. Pembibitan buah naga ini baru berjalan sekitar 1 tahun. Dimana, pembibitan buah naga ini dikelola dan dirawat oleh para pemuda dari Karang Taruna.

Pembibtan buah naga yang berhasil dan menghasilkan bauh yang baik dan berkualitas, maka buah tersebut dapat diolah menjadi berbagai produk oleh para warga seperti es krim, sirup, mie, dll. Produk tersebut kurang dalam hal pemasarannya, maka dari itu kami sebagai mahasiswa UNDIP bersinergi dalam melaksanakan program kerja kami yaitu kami memberikan pelatihan pengolahan dan pemasaran olahan  buah naga.

dokpri

Pelatihan ini dilakukan pada hari Selasa, 31 Januari 2023 dan dilaksanakan pada saat kegiatan Rapat Koordinasi Ibu-ibu PKK. Bu Silfi, selaku kepala desa yang mendemonstrasikan cara pembuatan mie dari buah naga. Setelah Bu Silfi mendemostrasikan cara pembuatan mie, selanjutnya kami mahasiswa UNDIP mempresentasikan bagaimana cara pemasaran olahan dari buah naga tersebut. Kemudian kami mengusulkan untuk penamaan produk mie yang dibuat yaitu “MIEGAS” (Mie Buah Naga Siwatu).

dokpri

Sesi presentasi kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Tanya jawab tersebut mengundang antusias oleh para ibu-ibu PKK yang mau berkomitmen dalam pengolahan dan pemasaran olahan buah naga yang nantinya mampu menjadi produk unggulan dari Desa Siwatu.

Kegiatan pelatihan ini bukan sekedar untuk melaksanakan program kerja, namun kami mahasiswa UNDIP ingin masyarakat mampu berkomitmen dalam pengolahan buah naga dan bisa memasarkanya ke luar kota sampai manca negara.

Oleh     : Mahasiswa KKN UNDIP Desa Siwatu

Dosen Pembimbing Lapangan           : Dra. Puji Astuti, M.Si. , Dr. Aminah, SH. M.Si. , Khotibul Umam, S.S., M.Hum.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline