Lihat ke Halaman Asli

Desak Eka

Menulis sebagai bentuk eksplorasi diri

Diabetes Melitus, Gangguan Metabolisme Karbohidrat pada Tubuh

Diperbarui: 22 April 2022   13:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Manusia diciptakan oleh Tuhan dengan sempurna, yang mana pada tubuh manusia telah memiliki sistem untuk menunjunag kehidupan dan mempertahankan kondisi tubuh. 

Metabolisme merupakan salah satu proses yang terjadi di dalam tubuh. Metabolisme tubuh merupakan suatu proses kimia untuk mengubah makanan dan minuman yang dikonsumsi menjadi energi. 

Energi ini dibutuhkan oleh tubuh untuk berkegiatan sehari-hari. Energi ini juga dibutuhkan oleh tubuh untuk tumbuh dan berkembang serta agar sel dan jaringan tubuh tetap sehat dan berfungsi dengan baik. 

Metabolisme dalam tubuh dibagi menjadi tiga yaitu metabolisme karbohidrat, protein, dan lemak. Metabolisme ini memiliki perannya masing-masing di dalam tubuh.

Metabolisme karbohidrat merupakan suatu proses kimia dalam tubuh untuk mengubah karbohidrat yang dikonsumsi menjadi glukosa. Karbohidrat meliputi sekelompok senyawa organik yang mencakup gula dan pati, serta selain karbon, karbohidrat mengandung hidrogen dan oksigen dalam rasio yang sama dengan air. Karbohidrat merupakan sumber utama energi dalam tubuh. Jenis karbohidrat ini terdiri dari monosakarida, disakarida, dan polisakarida. 

Metabolisme karbohidrat ini terdapat pada hati dimana regulasi, penyimpanan, dan produksi glukosa berlangsung. Terdapat beberapa tahapan dalam metabolisme karbohidrat ini yaitu glikolisis, glikogenesis, dekarboksilasi oksidatif (siklus Krebs), transport elektron, glukoneogensis yang mana setiap tahapan ini memiliki cara kerja dan peran masing-masing.

Proses metabolisme karbohidrat dalam tubuh ini dapat terganggu. Gangguan dalam proses metabolisme karbohidrat dinamakan diabetes melitus. Diabetes melitus ini sendiri merupakan penyakit yang disebabkan oleh berkurangnya produksi insulin sehingga mengganggu proses metabolisme karbohidrat. 

Diabetes melitus ini sering dikatakan sebagai The Great Imitator Diseuse. Hal ini disebabkan karena penyakit ini dapat mengenai semua organ tubuh dengan menimbulkan berbagai macam komplikasi. 

Komplikasi-komplikasi yang terjadi pada diabetes mellitus adalah arterosklerosis, mikroangiopathi diabetik, retinopathi diabetik, katarak, pielonephritis, glomerulosklerosis diabetik, neuropathi diabetik, stroke, infeksi, dan lain-lain. 

Pada para penderita diabetes mellitus, proses metabolisme karbohidrat yang mengalami gangguan adalah proses pembentukan energi dari glukosa melalui glikolisis. 

Sebagai akibat dari pembentukan energi ini pemecahan glikogen meningkat. Bila hal ini terus berlangsung, maka tubuh lama kelamaan akan menyediakan energi yang berasal dari bahan yang bukan dari karbohidrat (Glukoneogenesis). Hal ini menyebabkan kadar glukosa dalam tubuh naik melebihi batas normal tubuh manusia.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline