Lihat ke Halaman Asli

Gencar Promosikan Produk Lokal Desa Kaligedang, KKN 25 UMD UNEJ Bersinergi Bersama Masyarakat Desa

Diperbarui: 17 Agustus 2023   21:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Foto Pribadi

Desa Kaligedang, Ijen, Bondowoso (9/08/23). Kelompok KKN UMD-25 Desa Kaligedang telah memasuki minggu kelima pada kegiatan Kuliah Kerja Nyata yang sedang berlangsung. 

Pada minggu kelima ini kelompok KKN 25 UMD telah memasuki tahapan akhir dari program kerja yang ada yaitu tahapan promosi dan pemasaran produk. Tahapan tersebut menjadi kunci keberhasilan dalam merintis usaha agar lebih dikenal oleh konsumen. Melalui upaya yang gigih dan kerja keras antara masyarakat Desa Kaligedang yang didampingi oleh KKN 25 UMD telah mengerahkan energi mereka untuk mengangkat potensi dari produk lokal desa supaya terpasarkan dengan luas. 

Berbagai upaya telah diusahakan untuk mengenalkan produk lokal Desa Kaligedang. Salah satunya adalah dengan menjalin kerja sama dengan Sky Caf dan mengikuti acara pameran yang dapat menjadi media promosi untuk memperkenalkan produk lokal Desa Kaligedang yaitu Teh Dakota dan Sayurprise Mie. 

Hal ini diharapkan menjadi awal dari keberhasilan program kerja yang ada dan membantu produk lokal dari Desa Kaligedang menjadi lebih dikenal masyarakat luas. Hal tersebut juga mendapat antusias yang positif dari masyarakat Desa Kaligedang dan menjadi angin segar untuk terus mengembangkan usaha tersebut. 

Rabu, 9 Agustus 2023 masyarakat desa Kaligedang yang memproduksi Teh Dakota dan Sayurprise Mie bertemu dengan Mas Nurul selaku pemilik Sky Cafe untuk membicarakan mengenai kerja sama antara Sky Cafe dan masyarakat Desa Kaligedang dalam mengangkat produk lokal desa yaitu Teh Dakota dan Sayurprise Mie. 

Kerja sama yang baik antara Sky Cafe dan masyarakat desa diharapkan mampu mengenalkan produk lokal Desa Kaligedang. Sky Cafe juga merupakan salah satu cafe ternama yang sering dikunjungi oleh wisatawan yang berada di Kecamatan Ijen. Pada pertemuan tersebut ternyata Mas Nurul sangat antusias dalam membantu produk lokal Desa Kaligedang berkembang lebih pesat.

Sumber: Foto Pribadi

"Desa Kaligedang merupakan salah satu desa yang memiliki banyak potensi, saya turut senang melihat masyarakat Desa Kaligedang dapat membuat suatu produk seperti ini. Hal ini juga tidak terlepas dari peran mahasiswa KKN 25 UMD yang berkolaborasi dengan masyarakat dalam mengangkat potensi desa. Apalagi daun kopi ini jarang sekali dimanfaatkan menjadi teh dan mie dengan kombinasi sayur juga menarik menurut saya. Rasanya juga sudah memiliki ciri khas tersendiri. Bagus ini" ujar Mas Nurul saat ditemui di Sky Cafe.

Beliau memberikan kritik dan saran untuk produk lokal Desa Kaligedang agar lebih dapat menarik minat konsumen. Kritik dan saran yang diterima antara lain mengenai kekurangan dan strategi yang bisa dikembangkan pada produk lokal Desa Kaligedang yaitu dengan memberikan QR Code yang berisi linktree untuk pemesanan produk secara online. Hal ini juga dapat meningkatkan value dan rasa percaya dari para pembeli pada produk lokal asli Desa Kaligedang yang terhitung baru. 

Bahkan, Mas Nurul juga tertarik untuk menjadikan dua produk tersebut menjadi menu utama di Sky Caf. "Kedua produk ini sangat berpeluang sekali jika dipasarkan di cafe saya. Bahkan sangat mungkin apabila kedua produk ini menjadi produk andalan Sky Cafe" ungkap Mas Nurul. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline