Lihat ke Halaman Asli

Optimalkan Fungsi Lansia Desa Gawan dengan Pengenalan Senam Lansia

Diperbarui: 1 Agustus 2023   15:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Pribadi

Desa Gawan, Kab. Sragen (1/8) -- Manusia itu tumbuh dari masa ke masa. Dari tahap, bayi, anak, remaja, dewasa, hingga lansia. Tugas perkembangan pada tiap masa pun berbeda-beda. Salah satu tugas perkembangan yang ada pada lansia ialah penurunan fungsi kognitif dan fisik. Kita pasti mengalami penurunan itu. Hal yang perlu disadari adalah ada penurunan yg berlangsung dengan cepat, hal ini yang perlu diantisipasi. Senam lansia ialah salah satunya.

Saat pelaksanaan posyandu dan posbindu di salah satu posyandu Desa Gawan pada pertengahan Juli 2023 lalu, diketahui bahwa senam lansia cukup jarang dilakukan. Senam lansia dilakukan apabila ada kunjungan atau penyuluhan dari puskesmas ke tiap posyandu. Hal ini menjadi perhatian karena senam lansia sendiri cukup berpengaruh pada fisik dan psikis lansia. Oleh karena itu, salah satu mahasiswa KKN Tim 2 UNDIP (Jihan Khairiyah) menyusun salah satu program, yaitu edukasi tentang senam lansia dan videonya.

Kegiatan edukasi tentang senam lansia dilakukan pada 31 Juli 2023 di Posyandu Cempaka. Ini dilakukan untuk memberikan informasi terkait pentingnya senam lansia, manfaat senam lansia, dan  berlanjut dengan akses video senam lansia yang sudah di-review oleh fisioterapis yang juga bekerja di salah satu panti werda di Jawa Tengah.

Penyampaian informasi dan pemberian poster yang berisi informasi juga tautan video dilakukan kepada kader Posyandu Cempaka. Video senam lansia dilanjutkan dengan senam lansia bersama pada hari yang berbeda. Adapun respon positif yang diterima oleh mahasiswa. Dari kader posyandu, poster ini akan ditempel sebagai informasi lanjutan yang dapat dilihat oleh masyarakat. Harapannya ialah masyarakat mengetahui dengan jelas pentingnya senam lansia dan mengetahui gerakan senam lansia sehingga dapat dilakukan di rumah tanpa menunggu jadwal posyandu dan posbindu. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline