Lihat ke Halaman Asli

Awas, Hipertensi, Kenali Tanda-tandanya!

Diperbarui: 25 Juli 2023   13:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Pribadi

Dokumentasi Pribadi

Gawan (19/7). Kesehatan merupakan aspek penting bagi setiap manusia. Seiring bertambahnya usia, risiko penyakit makin bertambah. Hipertensi (tekanan darah tinggi) merupakan kondisi Ketika tekanan darah sistolik ≥140 mmHg dan/atau tekanan darah diastolik ≥90 mmHg.

Program posbindu yang diadakan secara rutin tiap bulan oleh Desa Gawan turut berpartisipasi dalam monitoring tekanan darah warga Desa Gawan. Berdasarkan data Posbindu Tansah Sehat Gawan, ditemukan masalah hipertensi tertinggi tahun 2023 sebanyak 29 kasus pada bulan April 2023. 

Hal ini menjadi perhatian khusus sehingga mahasiswa KKN Tim II Undip (Farras) melaksanakan program “Pembuatan Visualisasi Data Terhadap Data Tekanan Darah Warga di Desa Gawan Untuk Meningkatkan Kesadaran Kesehatan”. Pembuatan program berupa infografis ini ditujukan untuk Posyandu Cempaka dan Posyandu Teratai, dimana selama pelaksanaannya mendapatkan bimbingan dari kader Posyandu Cempaka dan bidan Desa Gawan. Tujuan dari program ini supaya masyarakat Desa Gawan lebih sadar terkait hipertensi dan dapat mengurangi risikonya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline