Lihat ke Halaman Asli

Desa Bejalen

Kelompok Mahasiswa Universitas Negeri Semarang

Mahasiswa UNNES GIAT 3 Desa Bejalen Mengadakan Sosialisasi dan Penyuluhan Pencegahan Stunting

Diperbarui: 2 Desember 2022   23:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri 

 

Desa Bejalen, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang (30/11/22)

Dalam rangka meningkatkan Sumber daya Manusia (SDM) yang sehat dan berkualitas, Mahasiswa UNNES Giat angkatan 3 mengadakan kegiatan sosialisasi serta penyuluhan  pencegahan stunting kepada  masyarakat Desa Bejalen, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang, Kamis (30/11).

Kegiata ini dilakukan guna mencegah serta menekan angka terjadinya stunting di Desa Bejalen. Berdasarkan data yg ada, diketahui bahwa terdapat 14 anak yg terindikasi stunting. Kondisi tersebut tentu harus mendapat perhatian serius. Kesadaran mengenai pengetahuan dan edukasi masyarakat terkait dengan stunting perlu ditingkatkan. Dimana, orang tua harus tahu akan asupan gizi yg baik untuk anaknya serta bagaimana cara yg baik dalam mencegah stunting dikalangan anak-anak mereka.

Oleh karena itu, dalam kegiatan ini mahasiwa UNNES Giat angkatan 3 melakukan aksi nyata mengadakan sosialisasi serta penyuluhan kepada setiap rumah warga yang terindikasi stunting. Bersama rekan-rekan mahasiswa dan didampingi oleh beberapa perangkat Desa Bejalen mendatangi setiap rumah-rumah warga yg terindikasi stunting. Kegiatan tersebut diawali dengan pemberian edukasi kepada setiap masyarakat terkait dengan asupan gizi yang seimbang, penyebab, gejala, dampak dan bagaimana cara pencegahannya. Kemudian kegiatan selanjutnya adalah berupa pemberian gizi tambahan sebagai wujud perhatian mahasiswa akan asupan gizi seimbang kepada warga yg terindikasi stunting. 

dokpri 

Program ini merupakan salah satu wujud perhatian mahasiswa  terkait dengan kasus stunting yang terjadi di Indonesia khususnya di Desa Bejalen yang menjadi salah satu lokasi mengabdinya Mahasiswa UNNES GIAT Angkatan 3. Dengan diadakannya sosialisasi dan penyuluhan pencegahan stunting ini harapannya dapat membantu meningkatkan pengetahuan serta edukasi masyarkat tentang bahaya stunting, dengan begitu anak-anak dapat tumbuh menjadi anak yang sehat, cerdas dan menjadi generasi penerus bangsa yang sehat dan berkualitas.

Penulis : Alfiazulfatul Marha & Titik Nurhidayatul Fitri

DPL     : Drs. Sugiyarta Stanislaus, M. Si.

Lokasi : Desa Bejalen, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline