Menjadikan Gadget untuk Menambah Pengetahuan
Deryl Ahza Taftazani
Derylahza@gmail.com
PENDAHULUAN
Gadjet merupakan salah satu bagian dari perkembangan teknologi yang selalu menghadirkan teknologi terbaru dan dapat membantu aktivitas manusia menjadi jauh lebih mudah dan praktis, dengan kata lain teknologi adalah Bahasa secara umumnya dan gadjet sebagai adalah barang spesifiknya.
Manusia yang hidup jaman sekarang berada pada masa yang serba canggih, banyak informasi dari manapun bisa diakses dengan sangat mudah karena adanya internet dan alat atau barang elektronik. Sangat menguntungkan memang, bisa melakukan aktifitas seperti browsing dan mencari informasi atau berselancar di dunia maya hanya dengan sebuah perangkat canggih yang bisa dengan mudah kita operasikan. Perangkat gadjet ini pun juga sudah umum digunakan di lingkungan kita bahkan pengguna gadjet usia anak anak pun sudah bisa mengaksesnya.
Dalam kehidupan sehari-hari tentunya kita melihat bermacam macam jenis gadjet yang hampir digunakan oleh semua kaum remaja. Gadjet sangat berperan penting bagi kehidupan manusia. Disamping memiliki fungsi utama sebagai alat komunikasi, juda dapat digunakan untuk sarana bisnis, sumber mencari informasi, penyimpanan berbagai macam data, sarana musik atau hiburan, jejaring social bahkan sebagai alat dokumentasi. Beberapa pemanfaatan gadjet selain mengakses informasi dan juga bermain adalah untuk sarana belajar mengajar.
PEMBAHASAN
Saat ini telah diciptakan beberapa gadjet edukasi yang bertujuan untuk mempermudah dan mempercepat proses belajar mengajar. Penggunaan gadjet dikelas seperti laptop, OHP, whiteboard interaktif, smartboard, perangat elektronik digital lainya, untuk mendorong dan memotivasi guru dan muridnya untuk membuat pelajaran lebih imteraktif.
Gadjet dalam pemanfaatannya juga memiliki dampak prestasi terhadap siswa. Prestasi belajar adalah hasil atau taraf kemampuan yang telah dicapai siswa setelah mengikuti proses belajar mengajar dalam waktu tertentu, baik perubahan tingkah laku, keterampilan dan pengetahuan. Gadjet bukan hanya dijadikan pembantu kehidupan ataupun alat komunikasi dengan dunia luar tapi juga bisa dijadikan teman untuk mengisi waktu juga membantu untuk mencari informasi tentang pembelajaran. Adapun juga gadjet sekarang digunakan untuk mengakses ataupun mencari berita terkini. Dengan pesatnya perkembangan gadjet akses informasi, berita, media pembelajaran menjadi lebih mudah. Gadjet sangat berpengaruh pada kegiatan belajar mengajar apalagi pada saat psbb tahun lalu, kegiatan belajar mengajar bahkan dapat dilakukan secara jarak jauh via zoom meet. Entah apa yang akan terjadi apabila tidak adanya gadjet saat masa covid-19 lalu. Saat ini gadjet tidak hanya digunakan untuk pengaksesan informasi saja namun juga digunakan untuk presensi online melalui web ataupun aplikasi.
Pada dasarnya penggunaan teknologi gadjet pada saat ini memiliki dampak positif dan negatif bagi penggunanya, diantaranya dalam pembentukan pola pikir, karena adanya pengaruh teknologi informasi yang berkembang semakin pesat pada era 4.0 sekarang ini. Gadjet sangat berpengaruh dalam kegiatan sehari-hari. Dampak postif dan negative gadjet dipengaruhi oleh pengguna gadjet itu sendiri, apabila pengguna tersebut tidak dapat menggunakan gadjet sebaik mungkin maka akan berdampak negatif. Gadjet seringkali digunakan untuk mengisi waktu luang seperti bermain sosial media ataupun bermain game. Game sangat terkenal di kalangan pelajar, game terkadang digunakan untuk penghilang stres namun juga dapat menjadi lahan untuk mencari uang. Dampak positif gadjet sangat banyak seperti halnya untuk mengontrol usaha dari jarak jauh, jual beli saham, akses informasi untuk pembelajaran, mencari informasi dari segala belahan dunia, membaca jurnal ataupun artikel untuk pembelajaran untuk menambah relasi dan juga wawasan terhadap bidang yang ditekuni.