Lihat ke Halaman Asli

AKSI INDONESIA MUDA, Gerakan Anak Muda Berantas Kemiskinan dan Kebodohan

Diperbarui: 20 Juni 2015   03:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1402746339832500076

Aksi Indonesia Muda: merupakan sebuah organisasi sosial nirlaba (NGO) yang terdiri dari gabungan mahasiswa se-kota Makassar yang bergerak dalam mengupayakan solusi kreatif ataspenanggulangan kemiskinanserta bergerak dalammemberikan pendidikan Informal secara gratis bagi anak-anak kurang mampu. Organisasi ini berdiri sejak tahun 2013 di Kota Makassar. Pada mulanya, NGO ini lahir sebagai bentuk keprihatinan anak muda terhadap maraknya pengemis di Kota Makassar dan makin meningkatnya angka kemiskinan. Sehingga kedepannya organisasi ini diharapkan mampu menjadi mesin yang massif dalam melakukan pengentasan kemiskinan dan kebodohan di kota Makassar dan se-Indonesia pada umumnya. Rencanajangkapanjangnya, kami akan berupaya keras supaya Aksi Indonesia Muda bisa tumbuh subur di tiap kota di Indonesia yang tentunya bisa menjadi wadah anak muda untuk mulai beraksi dan turut ambil andil dalam menjadi bagian dari solusi.

Sejak terbentuk sampai saat ini, kami fokus menyelesaikan project sosial kami di Jalan Dangko Kec. TamalateKel. Ballangbaru(Kampung Kusta).Kenapa Project Sosial kami saat ini di Jln. Dangko???

1. Daerah disana merupakan Perkampungan Kusta yg terisolir dari masyarakat luar. Sekaligus termarjinalkan oleh seluruh elemen masyarakat pada umumnya.
2. Sebagian besar warga Dangko berprofesi sebagai pengemis dan juru parkir. Sehingga daerah ini terkenal sebagai daerah penghasil pengemis di Kota Makassar. Kurang Lebih 60 % pengemis yang ada di Makassar berasal dari Jln. Dangko.
3. Banyaknya anak-anak yang putus sekolah karena sibuk membantu orang tua mencari uang dengan berprofesi sebagai pemulung, buruh cuci, pengamen jalanan dsb.
4.Minimnya keterampilan berwirausaha Masyarakat akibat keterbatasan ‘akses’
5. Karena tempat ini terisi oleh masyarakat Eks Kusta yg secara psikologis, membuat mereka gampang berkonflik dengan masyarakat luar.

Dengan demikian, kami putuskan untuk turut serta bersumbangsih bagi daerah ini tidak lain, karena minimnya perhatian dari masyarakat luar terhadap persoalan yg menurut kami sangat urgent dan mendesak untuk segera ditangani. Jumlah warga disana mencapai 600 Kepala Keluarga (KK) dengan total keseluruhan mencapai 2300-an orang yang sampai pada hari ini masih bingung mau bekerja sebagai apa untuk menafkahi keluarganya. Tidak heran, jika akhirnya mereka berputus asa danberpasrah menggantungkan hidupnya dengan terlunta-lanta dijalanan.

Aneka Project Sosial yang sudah kami laksanakan:

ØPemberdayaan Masyarakat Miskin di Jln Dangko (Kampung Kusta) membangun Kelompok Usaha Produksi Bros danJepitanrambut

Kami membantuwargadisanadalambentukpelatihanusaha, membangunsistemusaha, sampaimembantuwargadalammemfasilitasimerekamemasarkanusahanya di toko-tokodsb.

ØMembuatRumah Baca

Kami membuatRumah Baca di KampungKustaDangko, yang dijadikansebagaipusatbelajardanmembacabagiwargadisana. Kami memfasilitasiRumah Baca dengansumbanganbuku-bukubekasdariparavolunteer. SehinggaRumah Baca disanamemilikianekaragambuku-bukubacaan, mulaidaribuku SD, SMP, SMA, komiksampaibuku-bukubacaanlainnya.

ØBelajarMengajarPendidikan Informal

Kami punya program rutin yang dilaksanakansetiapharisabtudanminggu sore di Jl. Dangkoyaitubelajar-mengajaradik-adik di Rumah Baca.Kemudian, kami tidakhanyamengajarkankepadamerekatentangpelajaransekolah-sekolahsajatapi yang terpentingjuga kami mencobauntukmenanamkankarakterdanpolaperilaku yang baikbagianak-anakdisana(Character Building).Banyaknyaanak-anak yang belumtahumembaca, menghitungdanmenulismembuat kami semakinterpacuuntukmemberikanpengajaransemaksimalmungkin.

Apa Project Sosial kami berikutnya???

ØPemberdayaan Masyarakat di Jl. Dangko (KampungKusta) dalam membuat kelompok-kelompok usaha bersama, produksi keset kaki & kerajinan tangan dalam bentukan Pelatihan Wirausaha yang komprehensif (Teknik Produksi, Sistem Kerja, Marketing dsb)danbisamerangkulmasyarakatDangkosebanyak-banyaknya. Project kami ini sebagai aksi nyata dan kepedulian anak muda, dalam memutuskan matarantai kemiskinan sekaligus mengurangi jumlah pengemis di Kota Makassar, yang notabene-nya banyak berasal dari Kampung Kusta Dangko ini. Bagi teman-teman ataupun para relawan yang ingin memberikan donasi atau bantuannya dalam bentuk apapun, bisa segera menghubungi Penanggung Jawab Project ini Bung Wahyu (cp; 0852 999 25611).Coming soon on July 2014.

Hubungi Kami di ;

Facebook : AKSI Indonesia Muda

Twitter: @MahasiswaAksi (AKSI Indonesia MUDA)

Email : aksiindonesiamuda@yahoo.com

Web : https://www.smore.com/rbncx-aksi-indonesia-muda




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline