Lihat ke Halaman Asli

Singgih Derdja

Mahasiswa KKNT Literasi dan Numerasi

Di Masa Pandemi Saat ini Tidak Membuat Siswa Berhenti berkarya untuk berprestasi

Diperbarui: 1 September 2020   20:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

KKNT Covid 19 & Literasi dan numerasi diselenggarakan serentak oleh dikti dan bekerja sama dengan kampus kampus diindonesia. Proses pelaksanaan KKNT berbeda dengan tahun sebelumnya karena menggunakan sistem daring maupun luring. Tema yang saya ambil adalah Literasi dan Numerasi


Kuliah Kerja Nyata Tematik  (KKNT) Literasi dan Numerasi di SD Negeri Purworejo, Desa Purworejo, Kec. Ringinarum, kab. Kendal. Dimulai sejak tanggal 17 Agustus 2020 dan akan berakhir pada tanggal 17 september 2020.

Dalam upaya penangganan Covid 19 KKNT Literasi dan Numerasi diadakan untuk memberikan pendampingan belajar siswa siswi SD yang kesulitan dalam pembelajaran dan memberikan edukasi seputar pemakaian masker yang benar serta edukasi cuci tangan. 

 Saya melakukan kegiatan tersebut dengan ijin Kepala sekolah SD N Purworejo beserta Bapak/ibuk guru. Di dalam melaksanakan kegiatan disekolah saya didampingi Wali Kelas 5, Bapak Yos Putra Kurniawan S,pd atau biasa dipanggil Bopo oleh siswa.

Alhamdulillah mendapat respon yang baik dari Wali kelas 5 maupun  orang tua siswa. Siswa juga menyambut baik kedatangan saya didalam pembelajaran mereka. Pada tanggal 25 agustus 2020 saya dipanggil oleh wali kelas 5 untuk membahas lomba di Kendal Pintar berbagi, saya berdiskusi tentang banyak hal tentang lomba tersebut  dengan Pak Yos kemudian beliau  ingin mengirimkan  di dua nomer yaitu Lombar Porter kemerdekaan dan Puisi dengan tema Bangga terhadap Kendal.

Beliau memberikan kepercayaan kepada saya untuk membimbing siswa yang mengikuti lomba tersebut, siswa juga antusias saat mengetahui yang membimbing adalah saya selaku mahasiswa. " mas.. guru seng nduwe ilmu ki akeh, tapi ono  guru seng orak iso nyampekke ilmune ng peseta didik. Mulane mas mulai ajar bimbing siswa ben kulino, sesok nek dadi guru mugo mugo iso dadi guru seng iso dadikke siswa kui apik sesuai  opo seng awakmu nduweni " ujar beliau.

Pada tanggal 26 agustus 2020 saya melakukan bimbingan terhadap siswa yang mengikuti lomba mengambar poster kemerdekaan dan pada tanggal 28 agustus 2020 membimbing siswa latihan membaca puisi,kegiatan bimbingan dilakukan  setelah selesai pembelajaran daring. walaupun basic saya mahasiswa pendidikan olahraga tidak membuat saya minder karena semngat siswa tersebut yang ingin mengikuti lomba,  dengan adanya lomba dimasa pandemic saat ini dimenciutkan para siswa untuk tetap berprestasi

dokpri

Semoga pada saat  pengumunan hasil pemenang tanggal 15 september 2020 siswa siswi yang saya bombing mendapatkan hasil yang memuaskan



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline