Lihat ke Halaman Asli

Derby Asmaningrum

TERVERIFIKASI

Wiraswasta

Label Gizi Nutri-Score, Praktis Memilih Makanan di Prancis

Diperbarui: 29 Maret 2023   04:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

ilustrasi: Ilustrasi informasi nilai gizi pada produk pangan olahan. (sumber: Shutterstock via kompas.com)

Jika nanti Anda jalan-jalan ke Prancis dan di sana kebetulan belanja di supermarket, di hadapan rak-rak yang berdiri membisu, Anda akan bertemu, bertatapan dengan produk-produk pangan dengan label warna-warni beserta deretan huruf-hurufnya tertera di kemasan. 

Label yang akan menuntun Anda dengan mudah memilih makanan. Nutri-Score, begitu label tadi disebut. Ia menjadi inovasi pemerintah Prancis untuk terus mempertahankan penduduknya berada di jalur sehat. 

Sebelum Nutri-Score, sudah melenggang kampanye kesehatan namanya Manger Bouger (Makan, Bergerak). Maksudnya, ada keseimbangan antara asupan dengan aktivitas fisik yang dijalankan. 

Label Nutri-Score (lemonde.fr/Garo/Phanie)

Kampanye yang disasar untuk semua umur ini merupakan bagian dari Programme National Nutrition Santé alias Program Gizi dan Kesehatan Nasional yang dimulai Januari 2001 dengan tujuan untuk meningkatkan mutu kesehatan penduduk dengan memusatkan perhatian pada satu aspek yang dirasa paling penting yakni gizi. Pesan-pesannya:

1. Banyak minum air putih

2. Mengonsumsi sedikitnya 5 macam sayur dan buah dalam sehari. Berdasarkan peraturan, pesan yang ini wajib ditampilkan di setiap iklan produk pangan apapun bentuknya dari yoghurt hingga iklan fast food.

3. Mengonsumsi makanan sumber karbohidrat di setiap waktu makan seperti nasi, kentang, roti, pasta, dll.

4. Mengonsumsi susu, yoghurt, keju 3 kali sehari

5. Mengonsumsi daging atau ikan atau telur 1 atau 2 kali sehari

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline