Lihat ke Halaman Asli

Depy Mulyani

Guru SDN 125 OKU

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 3.1 Pengambilan Keputusan Berdasarkan Nilai Kebajikan sebagai Seorang Pemimpin

Diperbarui: 19 Mei 2023   02:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN MODUL 3.1

PENGAMBILAN KEPUTUSAN BERDASARKAN NILAI-NILAI KEBAJIKAN SEBAGAI SEORANG PEMIMPIN

Oleh : Depy Mulyani, S.Pd.,Gr

CGP Angkatan 7 Kab OKU

Pada jurnal refleksi modul 3.1 ini, saya banyak mengambil pesan positif khususnya bagaimana seorang pemimpin dalam mengambil sebuah keputusan yang tetap berpihak pada murid. Sebagaimana biasanya, pembelajaran dalam modul ini menggunakan alur MERDEKA sebagai tahapan untuk bisa memahami tujuan dari setiap modul yaitu Mulai dari diri, Eksplorasi konsep, Ruang kolaborasi, Demonstrasi konsep, Elaborasi pemahaman, Koneksi antar materi dan Aksi nyata.

Untuk selanjutnya, saya akan merefleksikan hasil dari pembelajaran modul 3.1 ini menggunakan model 4F yaitu Fact, Feeling, Findings dan Future.

  • Fact (Peristiwa)

Pada modul 3.1 ini, ada tahapan Demonstrasi kontekstual, yang mengharuskan CGP untuk berkolaborasi dengan kepala sekolah melalui sebuah wawancara terkait bagaimana cara mereka dalam mengambil sebuah keputusan berdasarkan nilai-nilai kebajikan universal. Dalam LMS (Learning Management System), CGP diberikan panduan pertanyaan-pertanyaan yang akan digunakan sebagai acuan bertanya pada narasumber yaitu kepala sekolah. Narasumber yang dipilih, antara 2 sampai 3 orang kepala sekolah dan dari jenjang mana saja.

  • Feeling ( Perasaan)

Perasaan saya setelah mempelajari modul ini adalah perasaan bahagia, merasa terinspirasi dan termotivasi untuk bisa mengasah kemampuan dalam mengambil sebuah keputusan. Pertemuan dengan beberapa kepala sekolah, menghadirkan sebuah pengalaman yang luar biasa, karena di sanalah saya bisa memiliki kesempatan untuk bisa mendengarkan pengalaman mereka ketika harus dihadapkan dengan berbagai masalah yang berhubungan dengan dilema etika dan cara mereka menghadapi hal tersebut. Tentu saja ini merupakan sesuatu yang menarik dan menjadi hal baru bagi perkembangan proses belajar saya.

  • Findings (Pembelajaran)

Pembelajaran yang didapatkan pada modul 3.1 ini sangat banyak. Mulai dari pengenalan apa yang dimaksud dengan dilema etika, perbedaan dilemma etika dan bujukan moral, dll. Secara umum, ada pola, model atau paradigm yang terjadi pada situasi dilemma etika yang bisa dikategorikan sebagai berikut :

  • Individu lawan masyarakat

Paradigma menjelaskan bahwa ada pertentangan antara individu yang berdiri sendiri melawan sebuah kelompok yang lebih besar di mana individu ini juga menjadi bagiannya.

  • Rasa keadilan lawan Kasihan

Dalam paradigma ini ada pilihan antara mengikuti aturan tertulis atau tidak sepenuhnya. Pilihan yang ada adalah memilih antara keadilan dan perlakuan yang sama bagi semua orang  di satu sisi dan membuat pengecualian karena kemurahan hati dan kasih sayang di sisi lainnya.

  • Kebenaran lawan kesetiaan (truth vs loyalty)
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline