Lihat ke Halaman Asli

9 Kecerdasan Howard Gardner

Diperbarui: 19 November 2021   14:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Howard Gardner adalah seorang psikologi dan ahli pendidikan yang merancang mengenai kecerdasan multi intelligences. Beliau lahir pada 11 Juli 43 di Pennsylvania Amerika Serikat. Howard Garder sudah menerbitkan beberapa buku yaitu Frame of Mind, Multiple intelligences, intelligences Multiples. Dalam rancangannya beliau terinspirasi dari Piege yang membehas tentang perkembangan anak. Dalam teori Gardner mengaris bawahi bahwa anak memiliki kelebihan dalam bidang tertentu yaitu memecahkan masalah atau menciptakan sesuatu.Setiap manusia itu unik, kita tidak dapat menyamakan satu sama lain, termaksuk orang tua yang mengukur kemampuan anaknya dari nilai rapor . Howard Gardner menyatakan ada 9 jenis kecerdasan, Yaitu :

  1. Kecerdsan bahasa atau Linguistik adalah kemampuan dalam bertutur kata dan mengunggkapkan sesuatu informasi atau ide dalam berolah kata. Dalam mengembakan kemampuan ini bisa dengan bernyanyi, mengobrol atau komunikasi dan sering bermain kata. Pekerjaan yang akan dihadapakan adalah seorang penyair, penulis, dan jurnalis
  2. Kecerdasan logika matematika adalah kecerdasaan yang mecakup kemampuan berfikir kritis, berfikir sebab akibat, konsep dan mengkur dan ketertarikan kepada angka. Cara mengembangkan kemampuan ini adalah melakukan permainan strategi, pengenalan konsep berhitung. Pekerjaan yang akan dihadapkan adalah, ahli matematika, programer dan teknik
  3. Kecerdasan visual dan spasial adalah kecerdasan dalam membaca simbol, gambar atau sebuah pola dan berfikir kreatif. Cara mengebangkannya adalah membuat suatu karya dengan pola gambar. Pekerjaan yang akan dihadapkan adalah pilot, seniman, pelukis, dan arsitek.
  4. Kecerdasan Kinestetik adalah kecerdasan gerak tubuh dalam melakukan aktivitas fisik. Cara mengembangkannya adalah dengan melakukan olahraga sederhana dalam kegiatan sehari hari seperti berlari, menari. Pekerjaan yang akan dihadapkan adalah seorang atlet, binaragawan.
  5. Kecerdasan musik adalah kecerdasan yang meliputi kepekaan suatu nada, irama dan melodi. Cara mengembangkan kecerdasan ini adalah dengan bermain alat musik dan bernyanyi. Pekerjaan yang akan dihadapkan adalah kritikus, komposer, dirigen, pengarang musik.
  6. Kecerdasan Interpersonal adalah kecerdasan membina hubungan baik dengan orang lain dan  memahami sesama. Cara mengembangkannya adalah beraktivitas bersama dengan kelompok dan melatih komunikasi atau interaksi dengan seseorang yang baru.Pekerjaan yang akan dihadapkan adalah politikus, guru, actor
  7. Kecerdasan intrapersonal adalah kecerdasan dalam mengenal diri sendiri, menjiwai, dan menggambarkan apa yang di sukai dan tidak diskuai. Cara mengembangkannya adalah displin, tanggung jawab dan menanamkan karakter positif. .Pekerjaan yang akan dihadapkan Teologi, filsuf
  8. Kecerdasan Naturalis adalah kecerdasan kepekaan terhadap lingkungan seperti hewan, tumbuhan, luar angkasa.  Cara mengembangkannya adalah mengajak anak untuk cinta terhadap hewan dan tumbuhan, bagaimana cara merawat dan memeliharanya, serta menggolongkan benda benda yang berada di luar bumi. Pekerjaan yang akan dihadapkan Pencinta alam, atronot, ahli flora dan fauna.
  9. Kecerdasan Moral adalah kecerdasan yang memahami sikap sosial yang baik dalam lingkup masyarakat. Cara mengembangkannya adalah mengamalkan nilai pancasila, menjalan kewajiban dalam lingkungan masyarakat.

Teori Gardner awalanya ada 7 kecerdasan, tetapi selama perkembangan yang terjadi tahapan kecerdasan, saat ini menjadi 9. Dan ada kemungkina kecerdasan kecerdasan yang lain dapat di kembangkan melalui tahap perkembangan orang.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline