Lihat ke Halaman Asli

Konsep Belajar Jerome S Bruner

Diperbarui: 5 November 2021   17:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Jerome S. Bruner adalah seorang ahli psikologi dari Universitas Harvard, Amerika Serikat. Beliau lahir pada 1 Oktober 1915 di New York dan meninggal pada 5 Juni 2016 di New York, Amerika Serikat. 

Bruner sangat mempengaruhi perkembangan kognitif anak dari anak itu belajar untuk mendapatkan pengetahuan, menyimpan pengetahuan dan mentransformaskan engetahuan tersebut. 

Bruner juga menyatakan bahwa manusia sebagai pemeroses, pemikir dan menciptakan informasi yang memungkinkan manusia menemukan hal yang baru untuk dikelola sendiri. Menurut Bruner terdapat 3 tahapan dalam proses kognitif belajar, yaitu :

  1. Tahap Informasi : Awal dari menerima informasi dan pengalaman baru.
  2. Tahap Transformatif : Menganalisis dan memahami informasi baru yang bermanfaat dalam kehidupan manusia.
  3. Tahap Evaluasi : Mengambil kesimpulan benar atau salah atas informasi yang di dapat setalah memahaminya.

Pada tahapan ini Bruner menekankan pada proses pembelajaran yang berupa informasi simbolik terkhususnya pada pelajaran Matematika yang mempelajari konsep-konsep dan struktur-sturktu audiovisual. 

Dalam matematika sendiri siswa harus mengetahui informasi kontekstual (nyata) hingga infromasi yang abstrak. Kemudain Bruner juga mengungkapkan bahwa ada 3 tahapan dari sudut pandang lingkungan dalam proses kognitif, Yaitu :

  1. Tahap Anaktif : dalam tahapan ini, peserta didik diminta untuk terjun langsung dalam sebuah kegiatan untuk  memahami lingkungan, contohnya: ketika anak diminta untuk menggambar sebuah segitiga untuk mengetahui bentuk dasar dari atap rumah. Tahapan ini juga bisa disebut tindakan atau kinetik.
  2. Tahap Ikonik : tahap ini lanjutan dari tahap anaktif yang disajikan dengan gambar, pola atau grafik. Contohnya ketika anak sudah mengetahui bentuk dari atap rumah adalah segitiga, secara tidak anak akan mempelajari  konsep dalam membuat jaring jaring agar mengetahui bentuk luas dan voleme dari bangun tersebut
  3. Tahap Simbolik : tahap ini adalah tahap penyajian informasi dari hal hal yang didapat dari 2 tahapan sebelumnya. Anak sudah memahami informasi berupa gambar, sombol, bahasa dan logika matematika. Contohnya, ketika anak diminta untuk membuat sebuah bangun ruang dan mencari luasnya anak sudah bisa menggambarkan dan menghitung sesuai dengan hasil informasi yang diperoleh.

Pada teori Bruner dikenal sebagai Dicoveri Learning yang dimana peserta didik dapat memahami kosnep konsep yang ada pada lingkungannya dan juga peduli terhadap lingkungan sekitar, guna langsung bersosialisasi untuk mengintregasika dengan pembelajaran sehingga dapat terkait dengan kognitif yang sudah dimiliki anak.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline