Lihat ke Halaman Asli

Jokowi, Arnold Schwarzenegger, dan Clint Eastwood

Diperbarui: 23 Januari 2016   05:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1395824815678645735

[caption id="attachment_317268" align="aligncenter" width="687" caption="famous catchphrase"][/caption]

Apa hubungannya salah satu capres kita dengan dua bintang Hollywood di atas? Wah, jangan-jangan ini salah satu kerjaan Lembaga Konspirasi Indonesia Amerika... ha ha ha. Jangan khawatir saudara-saudari, tidak ada masalah konspirasi di sini. Hubungannya dengan bintang Hollywood tersebut, mereka pernah sama-sama terjun ke dunia politik (Arnold gubernur California, dan Clint walikota Carmel).

Dan mereka juga punya sesuatu yang disebut 'catchphrase' atau slogan. Clint Eastwood dengan "Go ahead, make my day!". Arnold dengan "I'll be back" dan "Hasta la Vista, Baby". Dan saat ini Jokowi dengan "Aku Rapopo".

Lalu... apa hebatnya, semua orang juga bisa bikin. Betul, tapi hanya segelintir yang bisa jadi terkenal dan masih diingat orang.

Bagi yang berpikiran slogan ini cuman sepele, slogan-slogan seperti ini banyak yang didaftarkan dan sudah jadi 'trademark' dari suatu produk. Kadang kadang orang lebih ingat suatu produk karena slogannya. Contohnya: "Terus terang ...... terang terus". Ayo, produknya apa?

Bagi penggemar serial Dr. Who, mungkin masih ingat bagaimana sang 'Doctor' menjatuhkan Perdana Menteri Inggris cukup dengan 6 kata "Don't you think she looks tired?". Di episode yang lain "Say the right words, with the right emphasis, at the right time. Oh, you can make men weep. Or cry with joy."

Analoginya dengan dunia nyata, slogan yang tepat bisa dipakai untuk mengangkat atau menjatuhkan seseorang. Apalagi di era Twitter seperti sekarang ini, seseorang dengan pengikut jutaan mungkin saja bisa mewujudkannya. Dengar-dengar sih elektabilitas seorang kandidat bisa turun gara-gara kata 'Meldaif'... ha ha ha.

Slogan "Aku Rapopo" memang masih baru dan mungkin masih jauh untuk dibandingkan dengan slogan lain yang sudah mendunia... tapi sebagai produk lokal, lumayanlah. Tapi yang menarik buat saya bukan hanya slogannya, namun bagaimana pemakaian slogannya dan apa efeknya.

Menurut pak Jokowi, slogan ini bukan asli ide beliau, tapi diambil dari salah satu forum di Kaskus yang dikunjunginya. Slogannya sendiri dipakai untuk menjawab berbagai serangan-serangan dari lawan-lawan politiknya. Dan menurut saya, slogan ini cukup bagus karena memenuhi sarat empat 'at'. Singkat, padat, tepat, dan gampang diingat.

Dengan slogan ini, Jokowi secara tidak langsung menunjukkan bahwa beliau bisa menerima berbagai kritikan, sindiran, dan serangan dengan tegar tanpa perlu emosi.

Kaskus sendiri mungkin forum terpopuler tempat ngumpulnya pemakai internet di Indonesia. Dengan menyebut Kaskus, para pengguna Kaskus yang mayoritas kalangan muda mungkin tambah 'impressed'. Dan siapa tahu bisa jadi menambah simpatisan atau pendukung dari generasi muda. Diantara pemakainya ada yang menemukan 'user profile' beliau, walaupun katanya itu 'user-id' yang dibuatkan oleh Kaskus regional Solo. Sedangkan 'user-id' yang asli dirahasiakan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline