Lihat ke Halaman Asli

Deny Wicaksono

ASN Di Kantor Imigrasi Wonosobo

Imigrasi Wonosobo Siap Tingkatkan Keamanan System TI dengan Mengikuti Supervisi TI

Diperbarui: 26 September 2023   09:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah

Semarang - Pengelola TI Kantor Imigrasi Wonosobo mengikuti kegiatan Supervisi Layanan Teknologi Informasi (TI) dan Training of Trainers (ToT) TI di Aula Kresna Basudhewa Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah mulai hari Kamis sampai hari Jumat (21-22/09).Kegiatan yang diselenggarakan oleh Pusat Data dan Informasi Kementerian Hukum dan HAM ini dihadiri oleh pengelola TI seluruh UPT Kemenkumham di Wilayah Jawa Tengah.

Kegiatan diawali oleh sambutan sekaligus membuka kegiatan dari Kadiv Administrasi Kemenkumham Jateng, Hajrianor dilanjutkan penjelasan singkat oleh Tim Pusdatin Kemenkumham mengenai materi kegiatan yang akan berjalan selama 2 hari ini.

Kemudian, dilanjutkan dengan sosialisasi mengenai aplikasi baru Kementerian Hukum dan HAM yaitu Administrasi Bersurat Elektronik (ABE), yang akan menggantikan aplikasi persuratan lama Sisumaker.

Pada sesi ini Tim Pusdatin memberikan penjelasan mengenai perbedaan dan persamaan ABE dengan Sisumaker, dan juga simulasi aplikasi. Secara alur, aplikasi ABE masih sama dengan aplikasi Sisumaker sehingga membantu para pengguna dalam masa transisinya nanti. Tak lupa dijelaskan juga mengenai email dinas dan tanda tangan elektronik di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM.

Di sesi berikutya, Tim Pusdatin Kemenkumham kemudian memberikan petunjuk mengenai pengelolaan laman website versi terbaru satuan kerja di lingkungan Kemenkumham. Tim menjelaskan panduan dalam mengisi konten-konten di dalam laman website, baik dari manajemen artikel, manajemen tata letak di laman web, dan juga manajemen konten laman web.

Pada hari selanjutnya, dilanjutkan dengan paparan mengenai Kemanan Komputer. Tim berbagi tips-tips untuk mengamankan perangkat komputer, website, email maupun perangkat mobile agar tidak terjadi peretasan data dan informasi perkantoran.

Paparan terakhir yang disampaikan Tim mengenai Supervisi Penyelenggaraan SPBE pada Kanwil dan UPT.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline