Lihat ke Halaman Asli

Yuk Manfaatkan Aplikasi Canva untuk Pembelajaran

Diperbarui: 11 Desember 2022   10:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Perkembangan teknologi yang sangat pesat membuat peserta didik sekarang lebih melek teknologi. Bisa kita lihat segala aktivitas dalam kehidupan dari mulai bangun tidur sampai tidur lagi pastinya menggunakan teknologi. 

Semua kecanggihan teknologi bisa dirasakan manfaatnya pada era saat ini. Harus kita waspadai bahwa perkembangan teknologi tidak hanya memiliki dampak positif saja, akan tetapi dampak negatifnya pun ada. Sebagai seorang pendidik harus bisa memanfaatkan perkembangan teknologi tersebut untuk pembelajaran yang menyenangkan untuk peserta didik. 

Hal tersebut ditambah dengan adanya masa pandemi yang mengharuskan peserta didik belajar di rumah. Kelas virtual pun menjadi pilihan untuk tetap bisa melaksanakan pembelajaran. Keadaan tersebut mengakibatkan peserta didik menjadi tergantung pada smartphone.

Setelah masa pandemi usai, pembelajaran secara luring (tatap muka) di sekolah mengalami banyak kendala dan tantangan. Bisa kita lihat peserta didik di kelas cenderung pasif dan tidak fokus selama pembelajaran berlangsung. Mereka lebih fokus menggunakan smartphone untuk bermain game sehingga guru yang sedang mengajar di kelas pun tidak dihiraukan. Keadaan tersebut menjadi tantangan tersendiri untuk guru. Guru harus dapat membuat suasana pembelajaran di kelas menyenangkan untuk peserta didik. Hal yang sama juga saya alami ketika pembelajaran di kelas.

Selama masa perkuliahan Pendidikan Profesi Guru yang sedang saya jalani banyak sekali ilmu yang saya dapatkan. Saya pun belajar untuk menggunakan media yang menarik dan menyenangkan. Akhirnya, atas rekomendasi teman dan mengikuti diklat saya menggunakan aplikasi Canva. 

Alasan saya menggunakan aplikasi ini adalah salah satunya mempermudah saya pada saat membuat bahan ajar, lembar kerja peserta didik (LKPD), powerpoint, dan video yang menarik untuk peserta didik. 

Aplikasi ini sangat bermanfaat sekali dalam kegiatan pembelajaran saya. Menu tampilan yang disediakan aplikasi Canva sangat bervariasi, gambar yang menarik membuat saya menggunakan aplikasi ini untuk bisa membuat video pembelajaran, bahan ajar, lembar kerja peserta didik (LKPD), powerpoint. Bapak ibu guru bisa menggunakan aplikasi ini karena pilihan penyimpanan file sangat banyak pilihannya. 

Ketika saya membuat bahan ajar dan lembar kerja peserta didik (LKPD) saya memilih penyimpanan pdf sebagai penyimpanan file sedangkan ketika saya akan membuat paparan presentasi file bisa disimpan dengan memilih powerpoint

Tidak hanya itu, yang lebih epik lagi tampilan powerpoint yang sudah kita buat bisa kita simpan menjadi video. Jangan salah aplikasi Canva ini juga bisa kita pergunakan untuk membuat video pembelajaran. Aplikasi ini sangat banyak memberikan manfaat untuk kita sebagai pendidik.

Sekian, semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk para pembaca. Terima kasih.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline