Lihat ke Halaman Asli

Deny Oey

TERVERIFIKASI

Creative Writer

Ingin Mudik Gratis? Simak Cara dan Persyaratannya

Diperbarui: 15 April 2023   19:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mudik gratis (sumber: Detik.com )

Mudik adalah salah satu tradisi yang identik dengan hari raya Lebaran. Bertemu dengan orang tua, sanak saudara dan keluarga lainnya di kampung halaman dan bersama-sama merayakan hari kemenangan tentu jadi kebahagiaan tersendiri.

Sayangnya mudik bukanlah suatu hal yang mudah. Selain harus berburu tiket transportasi, melawan padatnya lalu lintas arus mudik, ada biaya yang harus dikeluarkan dan jumlahnya tak sedikit. Untungnya hal ini bisa disiasati dengan cara mencari program mudik gratis.

Biaya mudik yang tak murah, apa lagi jika jaraknya cukup jauh, belum lagi pengeluaran saat lebaran seperti bagi-bagi amplop tentu bisa ditekan dengan mengikuti program mudik gratis.

Ada banyak instasi pemerintahan maupun swasta yang menawarkan program mudik gratis. Jika kamu berminat, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar mudik gratis berjalan aman, nyaman dan lancar. Di antaranya:

Mudik naek kereta (sumber: CNN.com )

1. Cari info di saluran resmi

Hati-hati, jangan sampai terjebak hoax atau penipuan. Biasanya memasuki bulan Ramadan ada banyak info mudik gratis berseliweran. Cobalah untuk kritis dan cari info di saluran resmi lembaga atau instansi yang menyelenggarakannya.

Di zaman serba canggih seperti saat ini, kamu bisa menemukan info mudik gratis di media sosial instansi terkait. Jangan mudah tergiur dengan janji-janji oknum yang meminta data pribadi yanh sensitif atau sejumlah uang sebagai penggantinya. Ingat, ini mudik gratis. Jadi tak perlu mengeluarkan uang sepeserpun.

2. Pilih moda transportasi

Seberapa jauh jarak ke kampung halaman? Moda transportasi apa yang biasanya digunakan? Demi keamanan dan kenyamanan saat mudik, jawaban dari kedua pertanyaan di atas harus terpenuhi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline