Lihat ke Halaman Asli

Deny Oey

TERVERIFIKASI

Creative Writer

Tips Sehat dan Fit Selama Berpuasa

Diperbarui: 6 April 2023   15:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tetap olahraga meski puasa (sumber: Antara News)

Tak terasa ramadan sudah setengah jalan. Dalam hitungan kurang lebih dua minggu lagi kita akan berada di penghujung ramadan dan merayakan hari kemenangan. Bagaimana puasa kamu sejauh ini?

Seperti diketahui, puasa memiliki segudang manfaat, di antaranya dapat menurunkan berat badan, menjaga kadar gula darah, meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan fungsi otak dan juga menjaga kesehatan mental.

Akan tetapi, manfaat puasa secara maksimal bisa kita dapatkan bila berpuasa dengan benar, yaitu berpuasa secara sehat sehingga tubuh akan selalu fit. 

Lantas bagaimana caranya agar tubuh tetap sehat dan fit selama berpuasa?

1. Jaga pola makan

Yang paling utama agar tubuh tetap sehat dan fit selama ramadan adalah menjaga pola makan secara teratur. Caranya cukup dengan tidak melewatkan sahur, mengonsumsi makanan bernutrisi dan makan dalam porsi yang tepat.

Banyak orang melewatkan sahur padahal sahur adalah kunci agar tetap berenergi sampai berbuka puasa. Pilihlah menu sahur yang kaya protein dan karbohidrat kompleks (telur, sayur, kacang-kacangan, nasi merah) dan konsumsi buah-buahan seperti semangka dan blewah agar asupan cairan terpenuhi.

Berbukabl dengan kurma (sumber: Tribun)

Saat berbuka, awali dengan konsumsi kurma untuk mengembalikan energi sebelum dilanjutkan berbuka dengan makanan yang mengandung protein, vitamin dan mineral seperti daging ayam, sapi, ikan, sayuran yang ditumis dan nasi merah.

Perlu diingat, jangan kalap saat berbuka dan makanlah dengan porsi normal dan secukupnya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline