Lihat ke Halaman Asli

Apa Sih Nasionalisme Mahasiswa Itu ?

Diperbarui: 26 Juni 2015   12:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia


Sebenarnya apa sih nasionalisme mahasiswa itu ? sebelum membahasnya terlalu jauh , mari kita bahas dulu apa itu nasionalisme dan mahasiswa. Menurut saya nasionalisme adalah sebuah kesatuan solidaritas yang sangat besar , solidaritas ini tercipta oleh sebuah pengorbanan yang dibuat oleh beberapa orang atau sekelompok orang untuk membangun sebuah tujuan, cita-cita, atau masa depan bersama. Sedangkan mahasiswa atau mahasiswi adalah seseorang yang sedang menjalani pendidikan tinggi di sebuah universitas atau perguruan tinggi. Jadi nasionalisme mahasiswa adalah solidaritas yang dibangun oleh seorang atau sekelompok mahasiswa untuk membangun sebuah tujuan dan masa depan bersama. Bisa juga nasionalisme mahasiswa adalah suatu bentuk cinta tanah air yang sudah menjadi suatu kewajiban bagi warga negaranya terutama mahasiswa nya sebagai bentuk kontribusi atau ikut berpartisipasi terhadap wilayah tempat mahasiswa itu tinggal , maupun negaranya.

Bentuk dari pembuktian rasa nasionalisme pada masa sekarang tentu sangat jauh berbeda dengan nasionalisme para pejuang kita pada saat memerjuangkan kemerdekaan negara pada masa lalu. Para pejuang kemerdekaan pada masa lalu mengimplementasikan rasa nasionalisme mereka dengan perjuangan fisik. Dimana pada saat itu mereka melawan para penjajah yang menginjakkan kaki nya di negara kita. Namun masa kini adalah masa globalisasi informasi. Dan harusnya pada masa kini , pembuktian nasionalisme dilakukan dalam sebuah bentuk nyata , misalnya prestasi atau karya yang dibuat oleh anak negeri kita. Pada saat ini , para mahasiswa dituntut untuk mampu membuat sebuah karya nyata yang dapat bermanfaat untuk masyarakat banyak. Mahasiswa pada saat ini hanya berfikir tentang pekerjaan apa yang akan didapatkan ketika lulus nanti , namun mahasiswa sekarang tidak boleh berfikir seperti itu lagi. Akan tetapi mahasiswa dipacu untuk berfikir bagaimana caranya untuk membuka lapangan pekerjaan untuk kesejahteraan rakyat banyak. Disinilah peran mahasiswa untuk membangun masa depan bangsa ini menjadi lebih baik lagi. Dimana para mahasiswa ini mampu membangun opini yang bik kepada masyarakat dan mampu memberikan inspirasi kepada masyarakat indonesia dan memberikan gambaran positif terhadap masa depan negara yang lebih baik.

Namun kenyataanya , mahasiswa pada saat ini memiliki perspektif yang luas mengenai rasa nasionalisme mereka. Karena luasnya gambaran mereka tentang nasionalisme itu sendiri, hal itu mengakibatkan lahirnya suatu bentuk ketidakpercayaan mahasiswa terhadap negaranya sendiri. Hal ini terbangun akibat dari mahasiswa itu tidak merasakan langsung apa yang telah diberikan negara untuk para mahasiswa itu sendiri. Pastinya sangat disayangkan apabila rasa nasionalisme ini tidak terbangun , bisa jadi masa yang akan datang , negara kita akan diisi oleh orang-orang yang mementingkan diri mereka masing-masing.

Mereka hanya menganggap dirinya hanya numpang hidup di negara ini tanpa adanya tanggung jawab untuk menjaga dan membela negaranya. Rasa nasionalisme mahasiswa sekarang ini nampaknya sudah tergerus oleh zaman. Masa globalisasi informasi dan budaya barat seperti ini tidak dapat ditahan lagi. Kebanyakan para mahasiswa sekarang mayoritas menghabiskan waktunya untuk jalan-jalan ke mall daripada mengunjungi museum bersejarah. Peringatan sumpah pemuda pun hanya dijadikan sebagai peringatan saja , namun tidak diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Oleh sebab itu sedini mungkin kita harus menanamkan rasa nasionalisme dan mengimplementasikan rasa tersebut dalam kehidupan sehari-hari kita sebagai mahasiswa. Mahasiswa sebagai generasi terdidik dan menjadi generasi penerus bangsa , harus menjadi ujung tombak kebangkitan bangsa kita. Walaupun Indonesia sudah merdeka, namun bangsa ini masih dijajah oleh bangsa lain melalui budaya-budaya barat. mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa harus sadar dari sekarang, kalau tidak budaya bangsa ini akan hilang. Jangan tanya apa yang negara dapat berikan pada anda tapi tanyalah apa yang dapat anda berikan untuk negara ini. Hidup mahasiswa !!

created by : Denissa Rahayu




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline