Lihat ke Halaman Asli

Metabolisme, Katabolisme, dan Anabolisme

Diperbarui: 3 Oktober 2023   18:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Pada metabolisme, fungsi enzim sangat berperan dalam kecepatan reaksi metabolisme, namun dalam kerja enzim terdapat inhibitor/molekul asing yang mengganggu kerja enzim yaitu inhibitor kompetitif dan non-kompetitif, kedua inhibitor ini mengganggu kerja enzim, namun inhibitor nonkompetitif hanya menghalangi reaksi antara enzim dengan substrat tidak seperti inhibitor kompetitif yang bersaing untuk bereaksi dengan enzim sehingga substrat aslinya tidak mendapatkan enzim.

Pada katabolisme terjadi pembongkaratn struktur karbohidrat menjadi glukosa dan energi melalui proses-proses seperti, Glikolisis, yaitu perubahan glukosa menjadi asam piruvat dan menghasilkan 2 NadH dan 6 ATP. Kedua yaitu Oksidasi piruvat yang mengubah asam piruvat menjadi asetil-KoA yang menghasilakn 2 Nadh dan 6 ATP dan yang terakhir adalah siklus krebs, yaitu penambahan molekul karbon pada asetil-KoA yang menghasilkan 6 NadH, 18 ATP dan 2FadH2.

Pada Anabolisme, terjadi proses fotosintesis yang terjadi dalam 2 siklus, yaitu siklus fotosistem 1 dan fotosistem 2, pada fotosistem 1 digunakan 700 photon energy cahaya matahari dan 680 photon pada fotosistem 2, namun demikian, fotosistem 2 terjadi terlebih dahulu ketimbang fotosistem 1. Fotositem 2 memevah molekul air pada klorofil, kemudian molekul tersebut diubah menjadi energy melalui system transport dan akan diteruskan pada fotosistem 1 dan mengubah molekul tersebut menjadi NADPH.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline