Lihat ke Halaman Asli

Kelompok 138 KKN Tematik

Kelompok 138 KKN-Tematik UPN "Veteran" Jawa Timur

Kelompok KKN Tematik 138 UPN Veteran Jawa Timur Percepat Pengembangan UMKM Berbasis Tekstil di Kelurahan Gedog

Diperbarui: 27 Mei 2022   18:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Blitar memiliki ribuan UMKM yang sedang tumbuh dari berbagai jenis & bidangnya, salah satunya adalah Alv.Crafts yang menjalankan usaha di bidang kerajinan perlengkapan rumah tangga berbahan tekstil. Alv Crafts memproduksi berbagai jenis produk kerajinan tangan yang diantaranya tali masker dan aneka bantal dengan berbagai ukuran, bentuk dan gambar. 

Pemilik UMKM tersebut yang awalnya menjalankan usahanya di Tangerang, berpindah ke Blitar sejak 2 tahun lalu. Kelompok KKN Tematik 138 UPN Veteran Jawa Timur mendatangi Alv.Crafts untuk membantu mendampingi pengembangkan UMKM di kelurahan Gedog.

Salah satu upaya pengembangan UMKM dilaksanakan dengan kegiatan pendampingan pembuatan NIB pada beberapa UMKM. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jum'at, 13 Mei 2022. NIB atau Nomor Induk berusaha merupakan identitas pelaku usaha yang diterbitkan oleh lembaga OSS, yang dapat digunakan dalam mengajukan Izin Usaha dan Izin Komersial atau Operasional sesuai dengan bidang usahanya masing-masing. 

NIB ini terdiri dari 13 digit angka acak yang dilengkapi dengan pengaman dan juga disertai tanda tangan elektronik. Sehingga dengan adanya pembuatan NIB pada pelaku UMKM mampu mengembangkan dan mempertahankan usahanya serta mampu bersaing secara global.

Di era yang serba digital, diperlukannya upaya pengembangan digitalisasi guna mendorong perluasan pasar serta keefektifitasan dalam menyasar berbagai lapisan konsumen. 

Sebagai aplikasi dengan pengguna aktif sebanyak 1 Miliar di seluruh dunia dan merupakan aplikasi yang paling populer di kalangan remaja dan orang dewasa, menjadi salah satu dasar pemilihan TikTok sebagai salah satu aplikasi sarana digital marketing pada usaha UMKM Alv.Crafts. Hal ini dilakukan dengan pembuatan 3 konten video yang berkonsep story-telling sehingga meninggalkan kesan otentik dan tidak terlalu bersifat komersil. 

Selain itu, dilakukan pemanfaatan fitur TikTok Shop yang memfasilitasi para pelaku UMKM untuk mencantumkan tautan produk mereka sehingga mempermudah proses jual beli antara konsumen dengan produsen.

Sebagai salah satu komponen utama dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia, upaya pengembangan UMKM diharapkan terus gencar dilakukan oleh berbagai pihak termasuk dengan bantuan fasilitas dari pemerintah setempat.  Dengan berkembangnya UMKM yang bekerja sebagai penopang, stabilitas sistem keuangan dan perekonomian di Indonesia pun akan terbentuk.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline