Lihat ke Halaman Asli

Denni Candra

Praktisi HR dan Penulis

4 Manfaat Gowes Sepeda

Diperbarui: 14 September 2016   10:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber ilustrasi: shutterstuck | health.kompas.com

Semua orang sepakat dan setuju dengan ungkapan bahwa sehat itu menyenangkan, tetapi tidak semua orang senang menjalani pola hidup sehat.

Salah satu pola hidup sehat yang mesti dijalani supaya kondisi badan tetap sehat adalah dengan rutin berolahraga. Namun hal tersebut seolah-olah hanya sebuah teori yang nihil dalam praktiknya. Padahal penduduk Indonesia yang berjumlah lebih dari 200 juta jiwa ini termasuk penggemar olahraga. Hal tersebut bisa kita lihat dari berbagai kegiatan olahraga yang cukup menyedot perhatian dan mempunyai banyak penggemar, di antaranya sepak bola, bulu tangkis dan Moto GP. Tetapi kegemaran akan olahraga tersebut tidak berbanding lurus dengan kemauan untuk melakukan olahraga secara rutin.

Dulunya saya termasuk salah satu dari sekian banyak orang yang menjadi penggemar olahraga, tetapi jarang melakukan olahraga secara rutin. Entah mengapa ada semacam perasaan malas untuk berolahraga, padahal sarana serta fasilitas olahraga termasuk lengkap dan tersedia secara cuma-cuma di komplek perumahan yang saya tempati. Mulai dari lapangan sepak bola, basket, voli, tenis dan bulu tangkis, tapi itu semua tidak menimbulkan keinginan yang kuat untuk memanfaatkan semua fasilitas yang tersedia tersebut.

Namun beberapa bulan belakangan saya memutuskan untuk serius dan rutin olahraga dengan bersepeda minimal 30 menit setiap harinya. Semua ini bukannya tanpa sebab saya memutuskan untuk rutin berolahraga. Pertama, berat badan yang secara perlahan merangkak naik semenjak beberapa bulan belakangan. Sehingga terasa sedikit mengganggu aktivitas sehari-hari, mulai dari stamina yang gampang capek dan kesulitan dalam memilih pakaian karena banyak yang sudah tidak muat. Kedua, adanya timbunan lemak yang sudah mulai menumpuk di perut dan membuat penampilan fisik menjadi kurang sreg serta menurunkan kepercayaan diri saya.

Alhamdulillah, beberapa waktu belakangan saya rutin melakukan olahraga sepeda minimal 30 menit setiap harinya dengan jarak sekitar 10 Km. Walaupun perubahan yang terasa belum signifikan namun ada beberapa manfaat yang saya rasakan yaitu pernafasan terasa menjadi lebih teratur, badan menjadi lebih ringan dan istirahat khususnya tidur malam menjadi lebih nyenyak. Setelah saya berselancar di dunia maya, kemarin saya juga menemukan beberapa artikel yang membahas mengenai manfaat bersepeda buat kesehatan. Berikut akan saya uraikan beberapa fakta yang menjelaskan hubungan bersepeda dengan kesehatan, di antaranya adalah:

  1. Bersepeda bisa membantu dan menjadi salah satu alternatif untuk mengurangi lemak di perut. Sudah menjadi rahasia umum bahwa lemak yang menumpuk di bagian perut selain mengganggu penampilan juga bisa menjadi salah satu indikasi tubuh yang kurang sehat/prima. Untuk memangkas serta membakar timbunan lemak yang ada di perut, kita hanya perlu meluangkan waktu secara rutin selama 30 menit setiap harinya. Dalam rentang waktu tersebut kalau kita lakukan secara rutin, maka lemak yang menumpuk bisa terbakar sebanyak 250 - 300 kalori.

  2. Bersepeda bisa menurunkan risiko penyakit jantung karena bersepeda merupakan salah satu latihan kardiovaskular yang rendah resiko dibandingkan olahraga lainnya. British Medical Assosciation menyebutkan bahwa bersepeda dengan jarak tempuh 35 Km dalam seminggu tidak hanya sebatas membakar kalori pada tubuh saja, tetapi turut menurunkan risiko penyakit jantung hingga 50%.

  3. Bersepeda bersama anggota keluarga, selain baik untuk kesehatan juga bisa menambah keakraban serta meningkatkan rasa kebersamaan antar anggota keluarga. Ketika melakukan kegiatan bersepeda bersama, secara tidak langsung akan mempererat rasa kebersamaan seiring dengan meningkatkan hormon endorfin yang bisa memicu perasaan senang serta bahagia. Selain itu intensitas interaksi baik fisik maupun emosi juga meningkat sehingga jalinan keakraban keluarga juga meningkat. Di samping itu, ajang bersepeda juga bisa menjadi wahana bagi orang tua untuk mengajarkan interaksi dengan alam serta mengagumi keindahan semesta kepada anak-anak

  4. Dan terakhir yang tak kalah penting adalah sebuah fakta bahwa bersepeda mampu meningkatkan gairah serta kemampuan seksual. Berdasarkan data dari Daily Mail, survei yang dilakukan terhadap 2.500 orang di Inggris menunjukkan bahwa 66% responden menyampaikan bahwa hubungan asmara mereka menjadi lebih baik setelah rutin bersepeda setiap harinya. Sedangkan 39% responden lainnya mengatakan bahwa olahraga dengan bersepeda membuat kegiatan ranjang mereka menjadi lebih 'hot'. Sebenarnya hal ini bukan tanpa sebab. Ketika bersepeda, otomatis tubuh akan lebih banyak bergerak secara aktif. Aktivitas tubuh akan melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh, termasuk ke area genital dan akhirnya membuat seseorang lebih mudah bergairah dan merasakan kenikmatan saat bercinta. Tubuh pun menjadi lebih bugar dan stamina terlatih untuk melakukan hubungan seks dengan pasangan yang lebih lama.

Nah, apa masih perlu bukti lain lagi? Setidaknya empat poin di atas telah menjelaskan betapa olahraga sepeda sangat bermanfaat serta baik untuk meningkatkan stamina dalam keseharian kita. Jadi tunggu apa lagi, mari kita gowesssss.. :)

Dok. Pribadi

Salam Gowes,

Denni Candra [FB : DenniCandra, Twitter : @CandraDenni]




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline