Lihat ke Halaman Asli

Perkembangan Teknologi Kesehatan di Era Modern

Diperbarui: 12 September 2023   08:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

IPTEK merupakan singkatan dari ilmu pengetahuan dan teknologi. Perkembangan IPTEK disebabkan oleh adanya tuntutan manusia untuk berkembang dan maju dalam berbagai bidang sesuai dengan perkembangan zaman. Tuntutan tersebut, dapat diperoleh melalui informasi Aktual dari peralatan IPTEK yang canggih.

kemajuan iptek ini juga terjadi di dunia kesehatan. Perkembangan teknologi di bidang kesehatan akan terus berjalan dari masa ke masa. Di masa depan, salah satu fokus perkembangannya adalah untuk memudahkan akses pasien untuk mendapatkan layanan kesehatan. Ini tentunya perlu didukung oleh perkembangan teknologi di dunia kesehatan

Hadirnya teknologi mampu memberikan kemudahan bagi pasien. Terutama dalam mengakses informasi dan pelayanan kesehatan. Hanya dengan ponsel dari mana saja, pasien dapat mengakses berbagai macam informasi kesehatan di internet. Banyak layanan kesehatan juga hadir secara online. Sehingga mampu memberikan kemudahan pasien mendapatkan pelayanan kesehatan. Contohnya seperti aplikasi kesehatan yang kini sedang marak-maraknya.

Hampir semua pusat layanan kesehatan kini memanfaatkan kecanggihan teknologi. Tujuannya, untuk memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada pasien. Salah satunya pemanfaatan aplikasi kesehatan online. Dengan aplikasi itu, pasien tidak perlu menunggu berjam-jam hingga mendapatkan pemeriksaan dari dokter maupun tenaga medis lainnya.

Pasien dapat membuat janji online dengan dokter. Bahkan, banyak aplikasi yang menyediakan fitur konsultasi dokter secara online atau tanpa tatap muka langsung. Sehingga dapat mempersingkat waktu tunggu pasien. Penanganan secara tepat dapat diperoleh pasien lebih cepat dan meminimalisir terjadinya penularan penyakit.

Beberapa contoh adanya perkembangan teknologi di dunia kesehatan di antaranya :

1.Pengobatan kanker dengan terapi gen

2.Robot untuk operasi bedah

3.Diagnosis penyakit menggunakan citra medis

4.Pemantauan kondisi pasien secara jarak jauh

5.Pemantauan kesehatan ibu hamil dan janin dengan menggunakan USG

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline