Lihat ke Halaman Asli

Denna

Mahasiswa, Guru

Gertimunmas: Cintai Aku, Bersihkan Aku, Rawatlah Aku Sebagai Penanaman Pendidikan Karakter di SMKN 3 Yogyakarta

Diperbarui: 18 Februari 2023   17:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto dokumentasi bapak Aruji

Dalam rangka PPG Prajabatan Gelombang 1 PPL Universitas Ahmad dahlan, mahasiswa ditempatkan di salah satu sekolah terbaik di Yogyakarta yaitu SMKN 3 YOGYAKARTA. SMK Negeri 3 Yogyakarta merupakan sekolah penggerak sekaligus sekolah Adiwiyata. 

Sekolah ini selalu melakukan gerakan 15 menit literasi sebelum pembelajaran dimulai. Uniknya, setiap hari Jumat, SMK Negeri 3 Yogyakarta melakukan kegiatan GERTIMUNMAS atau Gerakan 30 untuk Membersihkan area Sekolah. 

Kegiatan ini dilakukan untuk membersihkan seluruh lingkungan sekolah baik kelas maupun lorong sekolah sehingga siswa bisa menjadi nyaman dalam melaksanakan pembelajaran dan merasakan kenyamanan dalam belajar.

Sekolah ini sebenarnya sudah memiliki tenaga kebersihan yang membersihkan lingkungan sekolah setiap harinya, namun dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan seluruh warga sekolah dapat ikut menjaga dan bertanggung jawab dengan keadaan lingkungan sekolah. 

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan siswa mau merawat sekolah serta tidak merusak lingkungan sekolah dengan melakukan coretan pada kursi, dinding bahkan toilet ataupun membuang sampah sembarangan. Kegiatan ini sangat menarik dilakukan guna membuat siswa menjadi lebih cinta dengan lingkungan.

Hal ini juga dilakukan sebagai bagian dari penanaman pendidikan karakter bagi siswa. Menurut John W. Santrock, character education adalah pendidikan yang dilakukan dengan pendekatan langsung kepada peserta didik untuk menanamkan nilai moral dan memberi kan pelajaran kepada murid mengenai pengetahuan moral dalam upaya mencegah perilaku yang yang dilarang. 

Dengan kegiatan kebersihan ini, guru secara langsung mengajarkan pada murid bahwa mencintai lingkungan itu sangat penting dengan cara mencintai lingkungan, membersihkan lingkungan dan merawat barang serta lingkungan yang ada di sekitar kita.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline