IMPLEMENTATION OF ROLE PLAYING LEARNING MODELS TO IMPROVE LEARNING OUTCOMES IN SOCIAL SCIENCE SUBJECTS
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
Deniya Puspitariani, S.Pd
Guru Kelas 5 SDIT Ar-Rahmah
deniyapus@gmail.com
PENDAHULUAN
Belajar merupakan sebuah proses yang terjadi pada diri seseorang dalam kehidupannya baik berupa pengetahuan maupun pengalaman. Belajar dalam pelaksanaan kegiatannya terutama dalam kegiatan belajar di sekolah seringkali mengalami berbagai macam permasalahan. Mulai dari masalah pada prosesnya maupun pada hasilnya. Faktor penyebab terjadinya permaslahan tersebut sangatlah beragam, seperti pada penggunaan metode, strategi, media, model ataupun faktor lain.
Pra penelitian dilakukan disalah satu sekolah yang berada di Kabupaten Bogor, yaitu SDIT Ar-Rahmah Islamic School. Kurikulum yang digunakan pada kelas V yaitu KTSP. Terdapat sepuluh mata pelajaran yang diajarkan, terdiri dari mata pelajaran utama dan muatan lokal. Diantara mata pelajaran yang diajarkan dikelas V ternyata perolehan hasil belajar pada semester genap tahun pelajaran 2020/2021 yang terendah adalah pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, dengan KKM 60 dan nilai rata-rata yang diperoleh 68,33. Jumlah siswa pada kelas V sebanyak 21 siswa, sebanyak 7 siswa yang mencapai KKM dengan persentase sebesar 33.33% dan sebanyak 14 siswa yang belum mencapai KKM sebesar 66.67%. Berdasarkan diskusi dengan guru kelas V SDIT Ar-Rahmah Islamic School, maka peneliti mendapatkan kesempatan untuk melakukan penelitian di kelas V semester genap pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.
Berbagai masalah dapat terlihat selama proses pembelajaran berlangsung di dalam kelas, diantaranya guru kurang melibatkan siswa secara aktif selama proses pembelajaran berlangsung, metode, media dan model yang digunakan kurang menarik minat siswa dalam belajar sehingga siswa lebih banyak mencatat materi yang diajarkan, dan siswa kurang memperhatikan guru saat proses pembelajaran berlangsung. Berdasarkan hasil pra penelitian dan pengumpulan data hasil belajar siswa, diadakan diskusi antara peneliti dan guru kelas pada hari Selasa 05 Desember 2020 dalam rangka meningkatkan kualitas dan peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas V di SDIT Ar-Rahmah Islamic School. Hasil yang diperoleh dari diskusi yaitu penelitian berfokus pada peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Melihat hal tersebut, maka perlu adanya tindakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa terutama pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Beberapa tindakan yang dapat dilakukan untuk peningkatkan hasil belajar siswa, diantaranya menciptakan situas belajar yang aktif dengan menerapkan model pemebelajaran roleplaying. Penerapan model pembelajaran role playing sangat sesuai untuk diterapan pada mata pelajaran Ilmu pengetahuan sosial terutama pada pokok pembahasan tentang menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam mempersiapan kemerdekaan Indonesia. Dengan penerapan model pembelajaran ini siswa berperan aktif dan berfikir kreatif serta imajinatif. Sehingga suasa belajar menjadi lebih hidup dan menyenangkan.
METODE