Lihat ke Halaman Asli

deni wardani

Freelance

5 Tips Menciptakan Gaya Hidup Sehat di Usia 30-an

Diperbarui: 1 Juli 2023   09:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Jogging. Sumber: Pexels.com

Banyak yang mengatakan bahwa di usia 30-an akan banyak sekali perubahan hidup dibanding ketika usia 20-an, seperti dalam hal ekonomi, karir, lifestyle, dan juga kesehatan pastinya. Seiring bertambahnya usia, apalagi ketika menginjak usia kepala 3, memiliki ketahanan tubuh yang kuat menjadi dambaan banyak orang,  Tentu untuk mendaptkanya harus ada usaha dalam diri dan pastinya juga niat. Tidak harus mengeluarkan uang banyak cukup melakukan hal-hal kecil dan mudah untuk dilakukan, dan yang paling penting juga adalah konsistensi. Konsisten akan memberikan dampak besar walau hanya 1% dilakukan setiap harinya, daripada daripada 80% tapi tidak konsisten melakukannya.
Berikut 5 hal langkah-langkah yang dapat dilakukan agar tubuh tetap sehat ketika mencapai usia 30-an.


1. Rutin melaksanakan aktivitas fisik
Semakin bertambahnya usia ketahanan fisik mulai berkurang maka dari itu agar tetap memiliki ketahanan fisik yang kuat coba agenda waktu untuk melakukan ini, seperti aktif berjalan kaki di pagi hari, maupun olahraga kecil seperti jogging sehingga otot aktif bergerak.


2. Pola Makan yang sehat
Mulai sekarang biasakan untuk memiliki pola makan dan juga perbanyak makanan, seperti buah-buahan,  sayur-sayuran dan juga hindari makan yang cepat saji juga tinggi gula sama yang tidak kalah penting jangan sampai berlebihan ya.


3. Cukupi kebutuhan istirahat dan tidur
Pastikan kalian memiliki waktu istirahat yang cukup dan tidur yang berkualitas setiap malamnya, hindari tidur di atas jam 12 malam atau begadang, serta hindari kegiatan-kegiatan yang dapat menganggu pola tidur baik kalian.


4. Hindari Kebiasaan Merokok dan Konsumsi Alkohol yang Berlebihan
Jika kalian merokok, pertimbangkan untuk berhenti merokok dan mencari dukungan yang tepat untuk melakukannya.
Konsumsi alkohol dengan bijak dan sesuai dengan panduan yang direkomendasikan.


5. Kelola stres dengan efektif
Tentu ada hari dimana kita merasa capek dengan pekerjaan dan berujung stres, tapi jangan khawatir itu bisa diatasi dengan meditasi, yoga atau bisa juga melakukan hobi-hobi kalian yang positif itu perlahan akan mengurangi rasa stres kalian.

Smile. Sumber: Pexels.com

Bagaimana, ada belum yang kalian coba ? Jadi mulai sekarang coba untuk membiaskan diri dengan gaya hidup sehat, karena itu juga investasi loh teman-teman. Karena investasi tidak melulu tentang uang.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline