Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa Undip Berikan Edukasi Terkait Perizinan Usaha UMKM Melalui OSS

Diperbarui: 11 Agustus 2022   13:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Cabean (28/07)- Kelurahan Cabean, Kecamatan Semarang Barat merupakan suatu wilayah yang terdapat banyak UMKM dengan perkembangan cukup pesat. 

Namun berdasarkan observasi yang telah dilakukan ditemukan bahwa masih ada UMKM yang belum memiliki legalitas untuk melakukan perizinan usaha. Legalitas usaha merupakan suatu hal yang sangat penting untuk UMKM agar bisa mendapatkan kepastian hukum, tetapi pada kenyataanya masih banyak para pelaku usaha UMKM di Kelurahan Cabean yang tidak mengetahui dan tidak mendaftarkan tentang Izin Usaha Mikro Kecil ini. 

Maka dari itu Mahasiswa KKN TIM II UNDIP 2022 memberikan edukasi mengenai pentingnya legalitas usaha kepada para pelaku UMKM.

Pelaksanaan edukasi ini dilaksanakan melalui metode door to door pada minggu ke-4 KKN yaitu pada tanggal 27-28 Juli 2022 dengan mendatangi beberapa UMKM di Kelurahan Cabean diantaranya usaha konveksi, warung sembako, salon, rumah makan, dam kedai ice. 

Edukasi ini bertujuan untuk memberi pemahaman kepada pelaku UMKM mengenai pentingnya legalitas usaha serta mengajarkan prosedur untuk melakukan perizinan usaha salah satunya melalui OSS (Online Single Submission). 

IUMK atau Izin Usaha Mikro dan Kecil memiliki tujuan diantaranya agar pelaku usaha UMK ini mendapatkan kepastian hukum, perlindungan dalam usaha, adanya pendampingan untuk dapat mengembangkan usaha, mendapatkan kemudahan dalam pemberdayaan, dan kemudahan dalam mendapatkan akses pembiayaan baik ke lembaga keuangan bank atau non-bank. 

Dengan program edukasi ini diharapkan dapat membantu pelaku UMKM di Kelurahan Cabean yang ingin melakukan perizinan usaha.

Dokpri

Dalam melaksanakan program kerja ini dilakukan dengan menggunakan modul yang berisi tentang pentingnya legalitas usaha bagi UMKM, manfaat memiliki IUMK, dan prosedur untuk mendapatkan IUMK dan NIB melalui OSS. 

Pelaksanaan program kerja ini mendapatkan respon positif dari para pelaku UMKM yang dimana mereka merasa terbantu dengan adanya edukasi yang telah dilakukan oleh Mahasiswa KKN TIM II UNDIP 2022.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline