Lihat ke Halaman Asli

Deni Mildan

Geologist, Dosen

Murah Meriah, Olahraga Pakai Perabotan Rumah

Diperbarui: 30 April 2021   14:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: https://www.muscleandfitness.com/

Olahraga sangat diperlukan untuk menjaga kebugaran tubuh. Olahraga semakin jadi penting di masa pandemi seperti sekarang, terutama untuk menjaga imunitas.

Tidak melulu soal pergi ke luar rumah atau pusat kebugaran, olahraga nyatanya bisa dilakukan di rumah. Apalagi bagi kita yang tengah menjalankan ibadah puasa. Aktivitas di luar rumah yang berlebihan berpotensi membuat ibadah kita kendor saking lelahnya.

Kamu juga tidak perlu sengaja membeli peralatan olahraga yang mahal agar bisa melatih fisik di rumah. Ada banyak perabotan rumah tangga dan barang-barang di rumah yang bisa kita manfaatkan untuk berolahraga.

1. Botol air minum

Botol air minum tidak boleh dibiarkan menganggur di dalam lemari es. Botol-botol tersebut bisa digunakan untuk melatih otot lengan, khususnya otot bisep, trisep, lengan bagian bawah (forearm), dan punggung.

Berat bebannya pun bisa diukur dan diatur dengan cukup mudah. Dengan asumsi massa jenis air 1 gr / mL, maka dengan botol 1,5 liter kamu sudah mendapatkan beban 1,5 kg. 

Masih kurang? Kamu juga bisa melekatkan beberapa botol pada kedua ujung gagang sapu, pel, atau pipa dengan menggunakan lakban. Selamat, kamu berhasil membuat barbell sendiri.

2. Tangga

Kamu bisa memanfaatkannya tangga untuk berolahraga. Kamu bisa berlatih naik-turun tangga dengan perlahan atau berlari. Latihan tersebut bermanfaat untuk melatih otot kaki, jantung, dan paru-paru.

Jika kamu dapat melakukan push up dengan baik, kamu bisa naik ke tingkat yang lebih mahir. Tempatkan kaki di anak tangga sehingga lebih tinggi dari pada bahu untuk mendapatkan beban yang lebih.

3. Ember

Kamu juga bisa berolahraga dengan menggunakan ember. Isi ember dengan air, pasir, atau cucian pun tidak masalah. Kamu bisa melakukan gerakan deadlift dan row untuk melatih otot punggung.

4. Kursi

Bagi yang ingin mecoba variasi latihan lengan dan dada yang lain selain push up, kamu bisa mencoba gerakan dips dengan bantuan kursi. Tingkat kesulitannya dapat ditambah dengan bertumpu pada dua kursi sehingga kaki tidak menyentuh tanah. Pastikan juga kursi yang digunakan stabil.

5. Meja

Gerakan pull up dan chin up memang cukup sulit apabila tidak dilakukan dengan bantuan pull up bar. Untuk mengatasi hal tersebut meja bisa jadi salah satu alternatif. Posisikan tubuh di bawah meja dengan tangan berpegangan ke ujung meja. Lakukan gerakan pull up dan chin up sambil tetap mempertahankan badan tetap lurus.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline