Lihat ke Halaman Asli

Deni Mildan

Geologist, Dosen

Dari Bimbo Kita Belajar Pentingnya Ayah dalam Pendidikan Anak

Diperbarui: 22 April 2021   02:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: tribunnews.com

Ada anak bertanya pada bapaknya

Buat apa berlapar-lapar puasa

Ada anak bertanya pada bapaknya

Tadarus tarawih apalah gunanya

Penggalan lirik di atas merupakan salah satu karya grup musik Bimbo. Bimbo banyak merilis lagu bertema religi yang kemudian kerap diperdengarkan saat Ramadan dan hari raya Islam. Lagu Tuhan dan Sajadah Panjang adalah contoh lagu lain yang juga tenar.

Bimbo sendiri merupakan grup musik asal Bandung yang didirikan sekitar tahun 1967. Grup musik yang digawangi tiga bersaudara Sam, Acil, dan Jaka, ditambah adik perempuan mereka Iin Arlina ini populer dengan lagu-lagunya yang humoris, bernada satir sosial, kemudian berkembang menjadi religius sebagaimana populer sekarang. Lagu-lagu religi mereka pun sudah banyak dirilis ulang oleh para musisi lain, misalnya Gigi.

Lagu Ada Anak Bertanya pada Bapaknya adalah salah satu lagu yang paling berkesan bagi saya. Lagu tersebut tidak hanya menggambarkan betapa mulianya amal ibadah di Bulan Ramadan. Lebih dari itu, lagu ini menyiratkan teladan seorang ayah dalam mengajarkan ilmu agama kepada anaknya.

Ayah dalam lagu tersebut digambarkan sebagai pribadi yang ramah dan memiliki tutur kata yang lembut. Alih-alih merasa terganggu, ia dengan senang hati menjawab pertanyaan sang anak. Jawabannya singkat namun langsung ke intinya.

Lapar mengajarmu rendah hati selalu

Tadarus artinya memahami kitab suci

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline