Lihat ke Halaman Asli

Denik Santiana

Therapist Massage

Mahasiswa PMM UMM Mengadakan Pelatihan Pijat di Kelurahan Candirenggo

Diperbarui: 11 Agustus 2023   13:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Fitrianah

Salah satu mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) di Kelurahan Candirenggo, Kabupaten Malang pada Juli 2023. Kegiatan tersebut dilakukan secara individu. 

Adapun target dari program-program yang dilaksanakan dalam kegiatan PMM yaitu anak-anak dan para ibu rumah tangga. Program "Belajar Bersama" untuk anak-anak dan program "Pelatihan Pijat" untuk para ibu rumah tangga.

Pada bulan Juli bertepatan dengan hari libur kenaikan kelas bagi anak-anak. Hal itu dapat dimanfaatkan untuk mengajak anak-anak melaksanakan kegiatan belajar bersama. Dengan adanya kegiatan belajar bersama anak-anak tetap semangat untuk belajar dan dapat mengurangi penggunaan gadget di hari libur mereka.

Para ibu rumah tangga juga antusias mengikuti pelatihan pijat. Ada beberapa jenis pijat yang diajarkan, diantaranya pijat tradisional, pijat refleksi dan totok wajah. Masing-masing jenis pijat yang diajarkan memiliki manfaat yang berbeda-beda.

Tujuan dari diadakannya pelatihan pijat ini yaitu dengan harapan dapat dipergunakan di kemudian hari untuk di praktikan kepada sanak saudaranya maupun dapat digunakan sebagai dasar ilmu untuk membuka usaha pijat.

Ilmu yang ada dalam pelatihan pijat tersebut diharapkan dapat tersalurkan dengan baik kepada para ibu rumah tangga agar bisa menjadi bekal keharmonisan rumah tangga maupun bekal usaha apabila berminat membuka usaha di bidang kesehatan khususnya pijat


Sumber : Denik Santiana

Selain pelatihan pijat, ada pula kegiatan bakti sosial yaitu "Pijat Gratis" untuk warga di sekitar tempat pelaksanaan kegiatan PMM.

Pada kegiatan"Pijat Gratis" dapat memilih layanan yang dikehendaki seperti Light Massage, Refleksi, Totok Wajah maupun Facial.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline