Lihat ke Halaman Asli

Erni Purwitosari

TERVERIFIKASI

Wiraswasta

Melongok Wajah Baru Danau Cipondoh

Diperbarui: 8 Juli 2023   07:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pemandangan Danau Cipondoh (dok.Denik)

Jika Sumatera Utara terkenal dengan Danau Toba. Nusa Tenggara Timur dengan Danau Kelimutu, Sumatera Barat dengan Danau Singkarak, dan Papua dengan Danau Sentani. Maka Tangerang tidak ingin ketinggalan. Adalah Danau Cipondoh yang cukup terkenal di Tangerang.

Danau  Cipondoh berada di tepi Jalan KH. Hasyim Ashari, jalan penghubung dari Kota Tangerang ke DKI Jakarta melalui Ciledug. Danau Cipondoh menjadi salah satu objek wisata yang ramai dikunjungi oleh masyarakat sekitar. Baik dari Tangerang itu sendiri maupun dari luar Tangerang.

Apalagi setelah dibuat bangunan yang mirip Sydney Opera House Australia di sekitar danau. Juga area joging track berupa jembatan yang menjorok ke arah danau. Tempat ini menjadi semakin ramai dikunjungi oleh masyarakat.

Area Joging Track berupa Jembatan (dok.Denik)

Masyarakat yang datang bisa memanfaatkan tempat ini untuk berolahraga jalan kaki atau bersepeda. Selfie? Sudah pasti. Karena tempatnya menarik.

Padahal ketika tahun 1995-an, tempat ini masih terbilang sepi. Munculnya berita orang tenggelam saat memancing dan keberadaan buaya putih di sana, membuat Danau Cipondoh terdengar mistis.

Setelah dikelola oleh pemerintah dan dijadikan objek wisata, dengan aneka bebek-bebekan, perahu dayung, dan speed boat. Danau Cipondoh mulai berubah, tidak mistis lagi. Lebih tertata dan menarik.

Terutama setelah ada bangunan baru tadi yang mirip Sydney Opera House dan joging track berupa jembatan. Wajah baru Danau Cipondoh jadi lebih memikat dan kekinian. Apalagi saat malam hari. Terlihat indah dengan adanya cahaya berwarna-warni.

Sayang pedagang kaki lima dibiarkan berjualan di sekitar joging track, jadi kurang rapi dilihatnya. Belum lagi sampah dari pengunjung yang membawa makanan dan minuman. Jadi merusak pemandangan.

Ujung area joging track (dok.Denik)

Semoga kedepannya lebih diperhatikan. Lebih terjaga kebersihannya. Sehingga bisa lebih nyaman menikmati suasana di sana. Penasaran? Yuk, ke Tangerang. Melongok wajah baru Danau Cipondoh.

Caranya?

-Dari arah Cikokol bisa naik angkot kecil berwarna orange jurusan Cikokol-Ciledug. Turun di depan danau.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline