Lihat ke Halaman Asli

Erni Purwitosari

TERVERIFIKASI

Wiraswasta

Arsitek Indonesia Itu Hebat Ya, Ada Negarawan sampai Sastrawan

Diperbarui: 18 Maret 2022   15:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Picture by travel kompas.com

Hari ini tanggal 18 Maret 2022 diperingati sebagai Hari Arsitektur Indonesia. Saya baru tahu loh. Mungkin karena tidak se-familiar peringatan hari besar lainnya.

Meski demikian, saya sangat mengagumi bangunan dengan desain khusus dan unik. Pokoknya yang menarik, unik dan bagus pasti saya suka. Saya rasa semua orang juga demikian.

Salah satu bangunan megah yang saya kagumi adalah Monumen Nasional (Monas). Ikon Kota Jakarta tersebut merupakan rancangan Ir. Soekarno. Presiden RI pertama yang merupakan arsitektur lulusan ITB.

Selain itu saya juga kagum dengan kemegahan Gelora Bung Karno. Secara  dulu saya termasuk bola mania. Kurang afdol nonton bola kalau tidak datang langsung ke stadion. Dari rasa kagum tersebut akhirnya mencari tahu. Rupanya perancang Gelora Bung Karno adalah Friedrich Silaban. Yang juga merancang Masjid Istiqlal. Wah, keren ya?

Bicara masjid, rupanya ada arsitek Indonesia yang dijuluki sebagai arsitek sejuta masjid. Dia adalah  Achmad Noe'man. Diberi julukan demikian sebab sebagian karyanya berupa masjid.

Bagian dalam Masjid Islamic Center Jakarta rancangan Achmad No'man (dokpri)

sebut saja Masjid At-Tin di Bandung, Masjid Islamic Center di Jakarta dan Masjid Salman di Bandung. Ia bahkan menjadi perancang masjid di luar negeri. Yakni Masjid Syekh Yusuf di Cape Town Afrika Selatan.

Ridwal Kamil, Gubernur Jawa Barat juga seorang arsitek. Karyanya selain rumahnya sendiri yang dikenal dengan rumah botol, juga ada karya lain yang sangat terkenal. Yaitu Museum Tsunami di Aceh.

Ir. Soekarno dan Ridwan Kamil contah arsitek dari kalangan negarawan. Tentu masih banyak lagi tapi belum saya ketahui. Tak hanya itu saja, ternyata dari kalangan sastrawan ada juga yang dikenal sebagai arsitek handal.

Dialah YB. Mangunwijaya, sastrawan yang karya besarnya sudah dikenal luas oleh masyarakat seperti Roro Mendut dan Burung-burung Manyar. Karya besarnya dalam bidang arsitektur adalah kawasan Code Yogyakarta. Ia bahkan dijuluki sebagai Bapak Arsitektur Modern Indonesia.

Duh, ternyata keren dan hebat-hebat ya arsitek Indonesia tuh. Ada dari kalangan negarawan sampai sastrawan. Wah, mesti menggali lebih jauh lagi nih tentang arsitek yang ada di Indonesia. 

Karena ternyata arsitek Indonesia ada yang mendunia juga. Marilah kita goegling lagi. Sebelumnya saya ucapkan Selamat Hari Arsitektur Indonesia 2022. (EP)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline