Lihat ke Halaman Asli

Erni Purwitosari

TERVERIFIKASI

Wiraswasta

Bersenandung Untuk Menidurkan Anak, Masihkah Relevan di Zaman Now?

Diperbarui: 11 Maret 2022   10:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen pribadi

Bersenandung merupakan aktivitas ringan yang menyenangkan. Biasanya dilakukan oleh orang-orang zaman dulu sambil melakukan aktivitas sehari-hari. 

Saat memasak, menyapu halaman, mencuci pakaian, bersih-bersih rumah bahkan ketika menidurkan anak dalam gendongan.

Untuk aktivitas terakhir, apakah masih relevan bersenandung  untuk menidurkan anak di zaman sekarang ini? Mengingat pengasuhan anak zaman sekarang lebih banyak dilakukan oleh baby sister. 

Berbeda jika pengasuhan anak diserahkan kepada nenek dan kakeknya yang notabene masih orang dulu. Pasti si anak masih merasakan hal tersebut.

Saya pribadi masih senang bersenandung untuk anak-anak, baik yang masih digendongan maupun yang sudah besar. Sebagai orang Jawa tentu lagu-lagu berbahasa Jawa yang lebih dominan. Misalnya saja lagu lir Ilir dan Suwe Ora Jamu. 

Selain itu saya juga menyenandungkan lagu-lagu keroncong, lagu daerah lain, serta lagu-lagu nasional seperti Indonesia Pusaka dan Tanah Airku.

Bahkan lagu-lagu Didi Kempot yang cocok untuk anak-anak pun saya bawakan. Seperti lagu Bapak. Tak ketinggalan tentu saja lagu anak-anak itu sendiri. Seperti Ambilkan Bulan Bu, Lihat Kebunku dan masih banyak lagi.

Saya masih suka bersenandung untuk anak-anak karena merasakan sekali manfaatnya. Dulu sewaktu saya masih kecil bahkan sampai SD kelas 5, almarhum bapak sering bersenandung untuk saya dan adik-adik saat hendak tidur.

Biasanya disertai dengan cerita tentang latar lagu yang dibawakan oleh bapak.
Sebab saya SD sudah mulai bertanya tentang sesuatu yang ingin saya ketahui. 

Contohnya lagu keroncong Bengawan Solo. Bapak akan bercerita tentang sungai Bengawan Solo dan tentang Gesang sang pencipta lagu tersebut. Jadi saya tak hanya terlena kemudian tertidur mendengar bapak bersenandung.

Manfaat yang saya dapatkan ternyata banyak sekali dari kebiasaan bapak bersenandung tersebut. Diantaranya saya lebih dulu tahu tentang sungai Bengawan Solo dibandingkan teman-teman lain. Juga tentang pencipta lagu Bengawan Solo. Pengetahuan yang mungkin belum dipelajari di sekolah.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline