Lihat ke Halaman Asli

Erni Purwitosari

TERVERIFIKASI

Wiraswasta

Nikmati Kesegaran Es Susu Kembang Telang

Diperbarui: 25 Februari 2022   15:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Es susu kembang Telang (dokpri)

Kembang Telang. Pasti dong sudah banyak yang tahu tentang bunga satu ini. Bunga berwarna ungu yang memiliki nama ilmiah Clitoria Ternatea.

Tanaman merambat ini biasa tumbuh liar di kebun dan tanah lapang. Kalau sekarang sudah banyak yang sengaja menanamnya. Baik itu di dalam pot maupun di halaman rumah.

Dulu saya kerap dimintai tolong oleh ibu untuk mencari kembang telang ketika ada anggota keluarga yang sakit mata. Jadi bunga telang merupakan obat alami untuk sakit mata.

Caranya dengan meremas beberapa bunga telang sampai keluar airnya. Lalu air bunga telang yang berwarna ungu tersebut diteteskan ke mata.

Saya kecil hanya bisa memperhatikan dari jauh bagaimana ibu mengobati adik yang sakit mata. Ajaib, esok harinya mata adik saya sembuh seperti semula. Tidak merah. Bahkan lebih jernih.

Itu pengalaman masa kecil saya terkait kembang telang. Setelah beranjak besar beda lagi pengalaman saya terkait kembang telang. Kembang telangnya lebih suka saya jadikan minuman. Teh kembang telang atau es susu kembang telang.

Biasanya saya membuat teh kembang telang di pagi dan sore hari. Ngeteh cantik istilahnya. Pagi hari sebelum memulai aktivitas. Sore hari setelah lelah melakukan aktivitas. Siang hari biasanya ingin yang segar-segar.

Nah, es kembang telang pun jadi pilihan saya. Cara membuatnya mudah loh. Sama seperti membuat teh kembang telang. Hanya saja ada campuran susu dan es batunya.

Pertama siapkan bahan-bahannya terlebih dulu.

- 1 gengagam kembang telang
- 3/4 susu kental manis
- Beberapa potong es batu


Cara membuatnya:

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline