Lihat ke Halaman Asli

Erni Purwitosari

TERVERIFIKASI

Wiraswasta

Hari Dongeng Sedunia, Inilah Dongeng Anak-anak Sepanjang Masa

Diperbarui: 20 Maret 2021   23:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Picture by dongeng anak

Bicara dongeng tentu tak lepas dari yang namanya anak-anak. Sebab yang kerap Didongengkan adalah anak-anak. Yang senang didongengkan juga anak-anak.

Ketika saya masih anak-anak pun demikian. Saya merasa senang sekali tiap kali bapak mulai mendongeng. Bagi saya bapak adalah pendongeng terbaik. 

Ada banyak cerita dongeng yang saya dengar dari bapak. Meski hampir setiap malam didongengkan cerita yang sama. Entah kenapa tidak pernah merasa bosan. Selalu dan selalu senang tiap kali bapak mulai bercerita. 

Setelah besar dan mulai membaca sendiri cerita dongengnya. Saya mulai memahami. Rupanya dongeng tersebut merupakan dongeng anak-anak sepanjang masa. Artinya memang dongeng yang digemari dan biasa didongengkan untuk anak-anak. 

Sejak saya kecil sampai sekarang, dongeng yang kerap diperdengarkan seputar itu saja. Baik itu dongeng asli Indonesia maupun dongeng yang berasal dari luar negeri. Kisah magic atau ajaib yang terdapat dalam dongeng tersebut sangat menarik perhatian dan memukau jiwa kanak-kanak saya. 

Berikut ini dongeng anak-anak yang menurut saya tetap abadi dan digemari sampai sekarang.

1 . Bawang Merah dan Bawang Putih

Berkisah tentang dua gadis yang memiliki perangai berbeda. Si gadis berhati baik bernama bawang putih. Sedangkan si gadis berhati jahat bernama bawang merah. Bawang putih kerap disakiti oleh bawang merah. Namun akhirnya bawang putih yang hidupnya bahagia bersama sang pangeran.

2 . Timun Emas

Picture by popmama.com

Berkisah tentang anak perempuan yang berhasil mengalahkan Buto Ijo yang ingin memakannya berkat benda-benda ajaib yang diberikan padanya. Anak perempuan itu bernama Timun Emas yang asalnya dari sebuah tmun besar dan berwarna keemasan.

3 .  Malin Kundang

Picture by beritasatu.com

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline